Tips Membuat Foto Bokeh Lebih Bagus

Bokeh adalah salah satu kata yang paling banyak dibicarakan di dunia fotografi, khususnya bagi para profesional fotografi baru. Kata Bokeh berasal dari bahasa Jepang yang artinya samar, samar, atau samar dalam bahasa Inggris. Karena berkaitan dengan fotografi, Bokeh mengacu pada kualitas estetika area yang tidak fokus pada fotografi. Efek foto Bokeh bisa membuat foto lebih lembut.

Jika Anda ingin mendapatkan efek Bokeh pada foto Anda, Anda mungkin perlu memiliki aperture lensa yang besar atau panjang atau fokus tumpukan dengan subjek foto pendek. Anda perlu menggunakan lensa cepat dan memiliki bukaan lebar. Selain itu, untuk meningkatkan visibilitas efek Bokeh dalam foto, pastikan ada jarak yang cukup antara subjek dan latar belakang foto.

Secara umum, efek Bokeh dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Ada sejumlah perangkat lunak atau perangkat lunak di pasaran saat ini yang dapat meniru efek foto Bokeh, meskipun Anda tidak membutuhkan banyak keahlian fotografi. Anda juga dapat mengandalkan kamera yang memiliki perangkat keras yang mendukung pemotretan Bokeh, seperti lensa opsional untuk menghasilkan kedalaman bidang, dan banyak lagi. Namun kini ada smartphone dengan hardware high-end yang memungkinkan penggunanya mengambil gambar dengan efek Bokeh hanya dengan satu sentuhan.

Saat ini berbagai perangkat smartphone telah diperkenalkan dengan perangkat keras yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan efek bokeh. Misalnya, HUAWEI nova 2i yang baru saja diperkenalkan dengan kamera belakang ganda yang menggabungkan kamera 16MP dan 2MP. Kamera 16 megapiksel ini bertanggung jawab untuk proses tampilan gambar, dan kamera 2 megapiksel bertanggung jawab untuk menangkap informasi kedalaman bidang untuk menciptakan efek foto Bokeh profesional. Dual caera HUAWEI nova 2i juga mendukung aperture lensa lebar untuk mengatur level efek Bokeh secara manual. Foto yang diambil dengan HUAWEI nova 2i dapat disesuaikan setelah foto diambil untuk memberikan aspek fokus pada foto.

Berikut beberapa tip dan trik yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan smartphone dengan efek foto Bokeh yang sempurna:

Pastikan Anda memiliki pencahayaan yang sempurna

Untuk memotret dengan efek bokeh yang bagus, pencahayaan itu penting dan subjeknya cukup terang dan rata. Di sisi lain, membidik dengan efek Bokeh menggunakan kamera depan smartphone bisa menjadi tantangan tersendiri. HUAWEI nova 2i menjawab tantangan ini dengan memperkenalkan kamera depan ganda dengan fungsi self-illumination pintar yang memberikan sudut pencahayaan 120 derajat. Ini memungkinkan subjek potret diri diekspos ke cahaya yang lebih merata dan alami untuk efek foto Bokeh yang lebih baik.

Pastikan fokus pada subjek jelas

Untuk memastikan hasil foto dengan efek bokeh maksimal, Anda perlu menentukan dengan jelas dan fokus pada subjek foto. Ini membantu memisahkan subjek foto dari latar belakang. Dengan adanya HUAWEI nova 2i, jika pengguna kurang percaya diri, fungsi mode potret memungkinkan pengguna mengambil gambar yang terlihat lebih natural, tajam dan jernih dengan tepi subjek dan area yang tidak fokus, serta mengambil foto potret yang lebih menarik.

Semakin cepat bukaan lensa, semakin baik efek foto Bokeh

Untuk mendapatkan efek foto Bokeh yang bagus membutuhkan perangkat aperture cepat dan lebar, lensa dengan setidaknya f / 2.8, atau aperture f / 2, f / 1.8, atau f / 1.4 yang lebih baik untuk hasil yang lebih baik. ideal. Saat ini perangkat smartphone dilengkapi dengan perangkat keras seperti lensa kamera yang dapat mendukung efek foto Bokeh yang baik, seperti bukaan HUAWEI nova 2i, f / 2.0 untuk kamera depan ganda, dan bukaan f / 2.2 untuk kamera belakang ganda. .

Pastikan ada jarak yang tepat antara subjek dan latar belakang

Saat mengambil gambar dengan efek bokeh, Anda perlu memastikan ada jarak yang tepat antara subjek dan latar belakang. Dan jika Anda menggunakan kamera depan smartphone Anda, bisa jadi tantangan untuk mengambil gambar dengan efek bokeh yang bagus. Bagi pecinta selfie, dapat mengambil foto selfie dengan efek Bokeh maksimal dengan fungsi soft flash yang dihadirkan.

Baca juga: