Daftar Kampus Perguruan Tinggi di Kabupaten Wonogiri

Daftar Kampus Perguruan Tinggi di Kabupaten WonogiriDaftar Kampus Perguruan Tinggi di Kabupaten Wonogiri

Keberadaan Perguruan Tinggi yang semakin berkembang pesat di beberapa daerah memang perlu didukung sehingga diharapkan mampu berperan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan memacu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Hal ini tentunya juga selaras dengan harapan pemerintah yaitu dalam rangka Percepatan Pembangunan di daerah tersebut.

kampus wonogiri
kampus stabn via stabnradenwijaya.ac.id

Sebagai salah satu daerah berkembang di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri juga mendukung upaya peningkatan dalam bidang pendidikan ini, hal ini ditandai dengan berdirinya beberapa kampus terkemuka di Wonogiri. Meski tidak sebanyak di kota-kota lainnya, berikut ini adalah daftar kampus perguruan tinggi di Kabupaten Wonogiri.

1. Akademi Kebidanan (Akbid) Giri Satria Husada

Akademi Kebidanan (AKBID) Giri Satria Husada adalah salah satu kampus swasta ternama di Kabupaten Wonogiri. Kampus ini beralamat di Desa Bulusari, Giritirto, Kabupaten Wonogiri. Di bawah naungan Yayasan Giri Satria Husada, AKBID Giri Satria Husada didirikan secara resmi pada tanggal 13 Mei 2002. Kampus ini menyelenggarakan pendidikan tingkat tinggi guna mencetak bidan-bidan profesional yang berimtaq dan menguasai kemajuan dalam bidang teknologi kesehatan. Jurusan atau program studi yang tersedia di AKBID Giri Satria Husada berjumlah satu yaitu Program Studi Kebidanan (Diploma 3).

2. Akademi Keperawatan (Akper) Giri Satria Husada

Akademi Keperawatan (Akper) Giri Satria Husada merupakan satu-satunya perguruan tinggi bidang ilmu keperawatan di Kabupaten Wonogiri. Kampus ini didirikan oleh yayasan Giri Satria Husada pada tahun 1995 berdasarkan Akta Pendirian yayasan Nomor 20 di depan pejabat Pembuat Akta Ny. Moeslichatoen Rochaditomo, S.H. Akper Giri Satria Husada memiliki visi menjadi Menjadi Program Studi Penghasil Tenaga Perawat Vokasi Yang Profesional Di Era Global Dan Unggul Dalam Bidang Keahlian Keperawatan Dasar Di Tahun 2020. Untuk info selengkapnya, silahkan kunjungi alamat kampusnya di Jl. Tentara Pelajar No. 01 Joho Lor Giriwono Wonogiri.

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri

Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) didirikan atas rekomendasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri dengan SK Dirjen Pendidikan Islam No. 4536 Tahun 2017. Pendirian Perguruan Tinggi Islam di kabupaten Wonogiri ini diharapkan memudahkan lulusan MA dan SMA/SMK untuk belajar dan mendalami ilmu agama Islam tanpa harus keluar daerah sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih ringan. Adapun program studi yang tersedia yaitu Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Siyasah Syariah (Hukum Tata Negara), dan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Info selengkapnya kunjungi kampusnya di Jl. Cempaka 6, Wonoboyo, Wonogiri, Jawa Tengah 57615.

4. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri

Dibangun sejak 22 juni 1993, kampus ini semula bernama Sekolah Tinggi Agama Buddha Nusantara Raden Wijaya dan berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya ketika berstatus negeri pada tahun 2011. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri merupakan sebuah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan agama Buddha. Program studi yang tersedia di kampus ini yaitu Jurusan Pendidikan Keagamaan Budha, Jurusan Kepenyuluhan Budha, dan Jurusan Kepanditaan Budha. Alamat kampusnya berada di jl. Kantil Bulusulur Wonogiri 57651.

5. Kampus ETC Duta Bangsa Wonogiri

Kampus ETC Duta Bangsa Wonogiri merupakan bagian dari kampus Universitas Duta Bangsa di kota Surakarta. Kampus ini memiliki visi menuju terwujudnya masyarakat yang terampil, mandiri dan berjiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang tangguh. Selain bekerja sama dengan lembaga Universitas Duta Bangsa Surakarta, Kampus ini juga menjalin hubungan baik dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Wonogiri serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Program studi yang tersedia yaitu D1 Manajemen Informatika, D1 Teknik Komputer, dan D1 Desain Grafis & Multimedia. Alamat kampusnya berada di Jl. Diponegoro No.48 Pokoh, Wonoboyo, Wonogiri (Barat Pom Bensin Pokoh).

Itulah tadi daftar tentang kampus atau perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Semoga ulasan di atas dapat sedikit memberikan gambaran bagi anda yang sedang membutuhkan informasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://ngegas.com/ini-alasan-software-open-source-diminati/