BUDIDAYA KANGKUNG DI POT

Table of Contents

BUDIDAYA KANGKUNG DI POTBUDIDAYA KANGKUNG DI POT

MENANAM KANGKUNG /BUDIDAYA KANGKUNG DI POT,Kangkung merupakan tanaman jenis sayuran yang mudah hidup .Ada 2 jenis kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air ,kangkung darat cirinya mempunyai warna daun hijau muda dan bentuk daun menjari serta dapat hidup di dataran ( tanpa tergenang air ) sedangkan kangkung air tumbuh di daerah rawa atau sawah yang airnya menggenang , warna daun hijau gelap dan batangnya kemerahan .

Menanam kangkung sebenarnya sangat mudah pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah atau lahan sempit bahkan di dalam rumah atau di atap . untuk ibu � ibu dapat melakukan ini untuk memenuhi kebutuhan sayuran harian didapur ,sedangkan tempatnya di polybag / pot.

MENANAM KANGKUNG DI POLYBAG / POT

Untuk menanan kangkung di polybag / pot dipersiapkan dahulu bahan-bahan yang di perlukan antara lain polybag / pot , tanah campur bokashi , bibit kangkung , air , obat hama tanah( Furadan).

langkah selanjutnya adalah :

Tanah di campur bokashi dengan perbandingan 2: 1 dan di taburi dengan Furadan untuk mencegah hama dari tanah , lalu di aduk merata dan selanjutnya di masukkan ke pot/ polybag lalu disiram dengan air sampai basah merata.selanjutnya tanam biji kangkung ke dalam tanah dengan membenamkan biji sedalam 2 cm lalu di tutup dengan tanah tipis, untuk 1 lubang di beri 7- 8 butir biji kangkung.

Penyiraman pertama dilakukan 3- 4 hari setelah tanam, selanjutnya bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 2 hari sekali.

Pemupukan dilakukan mulai 1 minggu setelah tanam , pupuk yang di gunakan jenis Urea, Kalo misalnya tidak ada bisa pakai Vietsin1 sendok makan untuk tanaman yang sudah tumbuh dewasa sedangan untuk tanaman yang masih keci , cukup 1 sendok teh ,selanjutnya lakukan penyiraman

PEMANENAN

Tanaman kangkung dapat di petik berkali �kali sampai satu tahun .Untuk petik pertama mulai umur 35 hari setelah tanam , sedangkan untuk petik kedua dan seterusnya dapat di majukan sampai 2 minggu sekali petik .

Cara memanen dengan memotong batang kangkung dan usahakan jangan terlalu kebawah ,sisakan 2 cm batangnnya agar dapat tumbuh dengan anakan yang banyak sehingga bisa vigor atau tumbuh bercabang penuh satu polybag/ pot , setelah panen segera beri pupuk dan lakukan penyiraman. Panen dapat dilakukan berulang- ulang sampai 1 tahun.

 

Sumber: https://superforex.co.id/puluhan-situs-web-venezuela-kena-serangan-siber/