Susunan Kerangka Laporan Proyek Penelitian

Susunan Kerangka Laporan Proyek Penelitian

Susunan Kerangka Laporan Proyek Penelitian
Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan maupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. Laporan memiliki beberapa jenis, yang salah satunya akan kita bahas yaitu Laporan Proyek Penelitian.

Urutan Penulisan Laporan Proyek Penelitian yang baik dan benar

 
Berikut adalah urutan atau kerangka penulisan laporan proyek penelitian.
1. Judul Proyek
Tulislah judul penelitian dalam kalimat yang singkat dan sesuai dengan inti penelitian serta dapat menggambarkan isi proyek yang akan disajikan.
2. Tujuan Penelitian
Jelaskanlah tujuan dari penelitian ini dalam satu atau dua kalimat. Jika memungkinkan urutkanlah tujuan tersebut dalam bentuk poin-poin.
3. Pendahuluan
Pada pendahuluan, penelitian menyebutkan hasil-hasil penelitian lain yang sesuai dengan tema. Jelaskan apa perbedaan penelitian yang sedang peneliti lakukan tersebut dengan penelitian lain yang serupa. Jelaskan jugaapa manfaat penelitian serupa sebelumnya pada penelitian ini.
4. Metode
Pada bagian ini dituliskan cara yang dipakai pada pengamatan dan batas-batas penelitian. Harus dijelaskan secara terbuka bagaimana cara pengumpulan data pada mekanisme percobaan penelitian. Ciri khas dasar biologi dan kimiawi materi dan apa saja alat ukur penting pada mekanisme percobaan (misalnya, apa saja alat tersebut, rentang pengukuran, sensitivitas, dll) juga harus diperjelas. Misalnya, jika menggunakan sebuah voltmeter yang hambatan dalamnya 10 Mohm maka rentang pengukurannya adalah 2-220 V, sedangkan untuk indikator tahapan adalah 3,5. Kemudian penjelasan tentang di mana, siapa saja yang terlibat, berapa lama waktu yang dibutuhkan, berapa kali serta dalam kondisi apa sajakah pengulangan percobaan dilakukan—harus jelas, ringkas dan padat. Tabel data, grafik, analisa dan perhitungan juga dicantumkan pada bagian ini.
5. Hasil dan Diskusi
Bagian yang paling penting dari sebuah Laporan penelitian adalah bagian ini. Bagian ini memuat hasil yang telah didapatkan. Hasilnya dapat ditulis dalam bentuk angka/numerik dan beberapa persamaan matematika. Jika memungkinkan nilai-nilai numerik diberikan dalam bentuk grafik atau tabel, tunjukkan perhitungan dan analisanya. Diskusikanlah hasilnya sambil menjelaskan batas-batasan yang ada. Jelaskanlah jika terdapat hal-hal yang memberikan pengaruh negatif pada hasil.
6. Sumber (Referensi)
Bagian ini memuat penulisan sumber-sumber ilmiah tertulis yang berkaitan dengan tema yang diambil sebagai pendukung dalam urutan alfabetis dan berdasarkan nama penulisnya. Sumber harus ditulis sesuai dengan urutan di bawah ini.
Suprapti, L. 2005. Kecap Air Kelapa. Teknologi Pengolahan Pangan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Mokhtar, M. S & Kamaruddin, Z. A. 2007. A Study On The Effects of Noise On Industrial Workers In Malaysia. Jurnal Teknologi, 46(A): 17-30

Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/perundungan-siber-bisa-berujung-bunuh-diri/