Cara Membatasi Penggunaan Data Internet

Anda harus memiliki ponsel cerdas yang kompatibel dengan akses internet. Tanpa koneksi keduanya, maka aktivitas sehari-hari Anda pasti akan terganggu. Sayangnya, akses ke Internet melalui WiFi tidak selalu tersedia di mana saja. Oleh karena itu, menggunakan paket internet biasa adalah solusi terbaik.

Namun, ia selalu mengeluh bahwa paket internet berakhir dengan cepat meskipun masa berlakunya masih ada. Situasi ini dapat terjadi karena Anda tidak akan menghemat penggunaan data Internet. Anda sebenarnya dapat menerapkan cara untuk membatasi penggunaan data internet di Android. Ini karena smartphone Android memiliki fitur untuk memantau dan mengontrol penggunaan data internet.

Dengan smartphone Android, Anda dapat menetapkan batas penggunaan data internet. Pembatasan ini dapat disesuaikan dengan jumlah paket data internal yang tersedia. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan tarif akses internet reguler. Cara pertama untuk melakukan ini adalah masuk ke menu konfigurasi. Setelah itu, ketuk Penggunaan data untuk mengakses pengaturan data. Akses ke data itu sendiri ditemukan di bagian Nirkabel dan Jaringan. Sumber: pulsakuota.co.id

Bagaimana mengelola penggunaan data internet

  • Sebelum menetapkan batas penggunaan akses Internet, pastikan untuk mengaktifkan lalu lintas data seluler. Kemudian, untuk mulai membatasi penggunaan data internet, ketuk Tetapkan batas data seluler.
  • Pengaturan batas data
    Setelah pemberitahuan muncul, tekan opsi OK. Untuk membatasi penggunaan data, Anda harus menetapkan batas yang lebih rendah untuk paket internet yang Anda miliki. Anda harus melakukan operasi ini karena kalkulasi penggunaan data seringkali berbeda antara telepon dan penyedia. Layar sembulan mengkonfirmasi pengaturan batas data.
  • Cara ketiga untuk membatasi penggunaan data internet di Android adalah dengan mengkonfigurasi kedua slider. Slide berikutnya digunakan untuk mengontrol penggunaan data. Sementara itu, slide sebelumnya berfungsi untuk menemukan batas sebenarnya. Ponsel cerdas akan secara otomatis memblokir akses internet Anda ketika batas yang ditentukan tercapai. Sesuaikan penggunaan data yang dapat dilakukan dua pengguna. Batas data yang dapat digunakan
  • Misalnya, atur slider di atas 1,5 GB dan slider di bawah 3 GB. Karenanya, Anda akan menerima pemberitahuan peringatan saat penggunaan data internet Anda mencapai 1,5 GB. Setelah itu, smartphone akan menonaktifkan akses internet setelah penggunaan data mencapai 3GB.

Cara menginstal siklus perhitungan data internet

Penggunaan data internet juga akan dihitung per bulan berdasarkan karakteristik smartphone Android Anda. Karena itu, ketika Anda mencapai tanggal tertentu di setiap bulan, perhitungan penggunaan data seluler Anda akan diatur ulang. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda terapkan untuk membangun siklus perhitungan data Internet.

  • Jika Anda menggunakan penggunaan data untuk membatasi akses Internet, pengaturan lain dapat dilakukan pada layar yang sama. Satu pengaturan yang dapat Anda buat adalah siklus penggunaan data bulanan. Anda dapat melakukan ini dengan menekan pemilih tanggal.
    Itu juga menekan siklus Ubah setelah menekan pemilih tanggal.
  • Kemudian tekan dan gulir ke pemilih tanggal yang muncul pada menu Pilih. Di sini, Anda dapat memilih apakah jumlah data akan diatur ulang setiap bulan. Ketika Anda selesai memilih tanggal, tekan Atur.
  • Pengaturan untuk mengatur ulang data penggunaan internet
  • Misalnya, atur pemilih tanggal ke 25. Oleh karena itu, data perhitungan akan diatur ulang pada tanggal 25 setiap bulan.

Penggunaan data internet yang benar-benar perlu Anda batasi. Tujuannya agar paket Internet yang Anda miliki dapat berfungsi dengan benar. Plus, pembatasan penggunaan data internet juga akan menghemat uang Anda setiap bulan. Untungnya, Anda dapat menerapkan cara untuk membatasi penggunaan data internet di Android melalui fitur di smartphone.

Baca juga: