Strategi Komunikasi Pemasaran Global

 Strategi Komunikasi Pemasaran Global Strategi Komunikasi Pemasaran Global

Dalam banyak kasus, organisasi menyusun pesan standar secara tepusat, namun memberikan kebebasan kepada para manajer di negara tujuan pemasaran untuk mengadaptasinya agar bisa memenuhi kebutuhan budaya setempat dengan cara menyesuaikan bahasa dan komponen media lainnya. Ini berarti bahwa ada unsur standarisasi  (misalnya perencanaan tema, gagasan dan kampanye/promosi yang dilakukan) dan sekaligus ada pula unsur adaptasi (misalnya : menyangkut bahasa, model, dan adegan yang disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan lokal).

2.1.7.      Isu-isu Khusus dalam Pemasaran Global

  1. Perbedaan Bahasa

Penerjemahan merek atau slogan kampanye iklan ke dalam bahasa setempat bisa menimbulkan masalah besar jika ternyata makna atau artinya sama sekali berbeda dari yang dimaksud.

  1. Ketersediaan Media

Ketersediaan media sangat tergantung pada regulasi pemerintah dan infrastruktur media. Contohnya : rasio kepemilikan koran di Jepang adalah 1:2

  1. Kendali Pemerintah

Regulasi pemerintah bisa menyangkut penggunaan media, pesan yang disampaikan, anggaran periklanan dan kepemilikan agen periklanan. Contohnya : produk rokok dan minuman keras dilarang di beberapa negara di kawasan Eropa Barat. Iklan kedua jenis produk ini juga sangat dibatasi di berbagi negar seperti Indonesia, China, Australi, Amerika, dll.

  1. Ketersediaan Agen Periklanan

Jumlah dan kualitasn agen periklanan sangat bervariasi antar negara. Di negara maju seperti Amerika dan Inggris, jumlahnya lebih dari 500 agen periklanan. Sedangkan di RRC dan Rusia jumlahnya tidak lebih dari 10 agen pada tahun 1995.

  1. Ketentuan Mengenai Promosi Penjualan

Tidak semua aktifitas promosi penjualan bisa dilakukan di semua negara. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain peraturan, budaya dan situasi persaingan. Hukum di beberapa negara membatasi ukuran, bentuk, premium dan hadiah.

 2.2.    Pengertian Distribusi Global

Distribusi global merupakan salah satu keputusan penting yang menentukan keberhasilan pemasaran global.

Keputusan distribusi merupakan keputusan strategis yang berdampak jangka panjang jarena menyangkut komitmen dan biaya yang besar .

Saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling terkait dan terlibat dalam proses penyampaian atau penyaluran barang dan jasa dari distribusi ke konsumen guna memenuhi kebutuhan pelanggan secara menguntungkan.

Secara garis besar perilaku saluran distribusi tercermin dalam 3 proses interaktif yaitu :

  1. Proses inisiasi
  2. Proses implementasi
  3. Proses rivew.

Dalam merancang saluran pemasaran perusahaan menerpakan sejumlah kriteria dasar yang berlaku pada beberapa kondisi:

  1. Pilihan perantara untuk pemanufaktur dan pilihan pemasok untuk perantara.
  2. Jumlah besaran dan konsentrasi biografis pelanggan berdampak langsung pada perancangan saluran pemasaran.
  3. Produk-produk tidak tahan lama dan membutuhkan pemasaran langsung atau setidaknya perantara yang bisa menjamain perputaran barang dagangan secara cepat dan pengiriman yang terproteksi.
  4. Karakteristik lingkungan yang dihadapi perantara pesaing dan perusahaan juga mempengaruhi desain saluran distribusi.

    RECENT POSTS