Pengertian Globalisasi bisnis

  Pengertian Globalisasi bisnis

Globalisasi berasal dari kata “global” yang berarti “universal”. Menurut Achmad Suparman globalisasi di artikan sebagai suatu proses yang menjadikan sesuatu sebagai cirri khas masyarakat di dunia tanpa ada abates wilayah. Namun globalisasi juga diartikan berbeda-beda sesuai dengan cara pandang orang yang mengartikannya. Namun secara umum globalisasi diartikan sebagai pengingkatan hubungan internasional di segala aspek yang mendunia tanpa mengenal batasan-batasan wilayah negara.

Globalisasi Bisnis adalah gabungan dari dua kata yaitu globalisasi dan bisnis, dari pengertian-pengertian yang sudah dibahas sudah dapat kita ketahui makna dari kedua kata tersebut, berarti dapat kita artikan bahwa Globalisasi Bisnis adalah suatu proses atau keadaan bisnis yang bersifat global mengalami perubahan kegiatan perbisnisan yang lebih terbuka tanpa mengenal batas-batas teritorial ataupun wilayah baik antar daerah maupun antar negara. Perubahan-perubahan tersebut terjadi dalam seluruh aspek perekonomian.

Perubahan global telah membawa isu yang berkenaan dengan bisnis besar maupun bisnis kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak berupa peluang dan juga ancaman baru.

Globalisasi pasar, yaitu suatu kejadian dimana berbagai pasar nasional bergabung menjadi satu dan membentuk pasar yang besar dan global (pasar dunia) dengan menciptakan produk yang berstandar dunia atau internasional.

 Globalisasi produksi, yaitu berkenaan dengan tendensi antar beberapa perusahaan yang memberikan sumber komoditi dan jasa dari berbagai lokasi yang berbeda di seluruh dunia, dengan mengambil manfaat dari perbedaan nasional tersebut, dalam berbagai hal seperti biaya dan kualitas faktor produksi, agar dapat lebih kompetitif dalam bersaing.

2.1.1.  Perencanaan pemasaran global terdiri atas lima langkah utama yaitu :

  1. Pengkomunikasian tujuan
  2. Penyusunan rencana
  3. Pengagregasian rencana
  4. Penerjemahan rencana ke dalam anggaran
  5. Pengambilan tindakan

2.1.2.   Pengorganisasian Pemasaran Global

  1. Pertimbangan utama dalam menyususn struktur organisasi adalah apakah perusahaan global harus  menstrukturisasi dirinya berdasarkan lingkup geografis,lini produk,atau lini fungsional.
  2. Tujuannya adalah  Menghindari duolikasi dan mencapai sinergi dalam  mengintegrasikan operasi nasional terpisah ke dalam unit  terkoordinasi.

Dua alternatif yang dipilih dalam merancang struktur organisasi pemasaran global:

  1. Perusahaan menangani bisnis  internasonalnya dengan cara terpisah atau tersendiri.
  2. Perusahaan mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global.

Mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global dapat terjadi intervensi dari kantor pusat.

Bentuk intervensi yang bisa dilakukan oleh kantor pusat :

1)       Informing

 

Sumber :

https://infinidb.org/razer-phone-meluncur-ponsel-game-dengan-ram-8gb/