RANTAI MARKOV

Table of Contents

RANTAI MARKOV

TEKNIK INDUSTRI

Rantai markov atau analisis markov adalah suatu teknik mateatika yang biasa digunakan untuk melakukan pembuatan model (modelling) bermacam-macam sistem dan proses bisnis. Teknik ini dapat digunakan untuk memperkirakan perubahan-perubahan di waktu yang akan datang dalam dalam variabel-variabel dinamis atas dasar perubahan-perubahan dari variabel-variabel dinamis tersebut di waktu yang lalu. Teknik ini dapat juga digunakan untuk menganalisa kejadian-kejadian di wkatu-waktu mendatang secara matematis.

Penerapan rantai Markov mula-mula adalah pada ilmu-ilmu pengetahuan phisik dan meteorologi. Analisis markov telah banyak digunakan untuk menganalisa tentang perpindahan merk dalam pemasaran, perhitungan rekening-rekening, jasa-jasa persewaan mobil, perencanaan penjualan, masalah-masalah persedian, pemeliharaan mesin, antrian, perubahan harga pasar saham, dan administrasi rumah sakit. Semuanya ini hanya beberapa contoh apliksi yang banyak dijumpai sekarang.

Sehingga pada makalah ini akan dijelaskan konsep dasar dari analisis markov seperti probabilitas transisi, kondisi-kondisi kedudukan tetap (steady state) dengan menggunakan suatu contoh kasus perpindahan merk dalam pemasaran.

Rantai markov atau analisis markov adalah suatu teknik mateatika yang biasa digunakan untuk melakukan pembuatan model (modelling) bermacam – macam sistem dan proses bisnis. Teknik ini dapat digunakan untuk memperkirakan perubahan-perubahan di waktu yang akan datang dalam dalam variabel-variabel dinamis atas dasar perubahan-perubahan dari variabel-variabel dinamis tersebut di waktu yang lalu. Teknik ini dapat juga digunakan untuk menganalisa kejadian-kejadian di waktu-waktu mendatang secara matematis.

     Analisis Rantai Markov merupakan sebuah teknik yang berhubungan dengan probabilitas akan state di masa mendatang dengan menganalisis probabilitas saat ini (Haryadi Sarjono, 2007).

     Analisis Rantai Markov ini dikembangkan oleh seorang ahli Matematika Ruasia bernama Andrei A. Markov. Analisis Markov merupakan suatu bentuk khusus dari model probabilistik yang lebih umum yang dinamakan stochastic process, dimana analisis Rantai Markov yang dihasilkan adalah suatu informasi probabilistik yang dapat digunakan untuk membantu pembuatan keputusan.

     Berdasarkan ruang keadaan dan ruang parameternya Proses Markov dapat dikelompokkan menjadi proses markov dengan ruang sampel diskrit dan proses Markov dengan ruang sampel kontinu. Sebagai contoh, salah satu proses stokastik dengan ruang sampel diskrit adalah banyaknya pengunjung yang datang kesuatu pertokoan pada hari ke-t. Dan contoh proses stokastik dengan ruang sampel kontinu adalah selang waktu antar kedatangan pengunjung kesuatu pertokoan pada waktu sembarang.

https://haciati.co/