Pengertian Adobe Photoshop

Table of Contents

Pengertian Adobe Photoshop

Pengertian Adobe Photoshop

  1.  Pengertian

               Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor  buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

  1. MENGENAL GAMBAR BITMAP

Pada file bitmap dikenal dua istilah penting, yaitu :

  1. Resolusi atau jumlah titik persatuan luas, yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap. Biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).
  2. Intensitas atau kedalaman warna, yang akan menentukan kualitas warna gambar secara keseluruhan. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam-putih (black & white).

III.             MENGENAL PERALATAN PHOTOSHOP

  1. Toolbox (Window | Tools)

Untuk membuat atau mengedit gambar tentu dibutuhkan peralatan yang memadai. Toolbox dalam Photoshop berisi sekumpulan tool yang sering dipakai dan masing-masing mempunyai fungsi berbeda.

  1. Option Bar

Setiap tool (alat) pada toolbox mempunyai setting yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu disediakan Option Bar (Window | Options). Berikut contoh option bar untuk Rectangular Marquee Tool .

Dengan option bar pada contoh di atas, anda bisa mengganti setting misalnya memilih seleksi yang akan diterapkan:

  1. Membuat seleksi baru
  2. Menggabungkan seleksi yang sudah ada dengan seleksi yang akan dibuat
  3. Mengurangi seleksi yang sudah ada dengan seleksi yang akan dibuat, dll
  1. Palet

Palet digunakan sebagai perangkat bantu sehingga gambar bisa diedit lebiH   mudah dan cepat.


Sumber: https://ironmanfactory.com/