Pihak Anjak Piutang

Pihak Anjak Piutang

Pihak Anjak Piutang

Pihak yang terkait dalam anjak piutang meliputi:

  1. Perusahaan jasa anjak piutang (factor). Factor adalah pihak yang  memberikan jasa anjak piutang.
  2. Klien (client) atau biasa disebut dengan suplier. Klien adalah pihak yang menerima jasa anjak piutang dan menjual barang dan/ jasa secara kredit kepada nasabah.
  3. Nasabah (customer). Nasabah adalah pihak yang membeli barang dan/ jasa dari klien dan mempunyai kewajiban berupa utang jangka pendek pada klien.

Anjak piutang merupakan perjanjian antara factor dengan klien yang mewajibkan;

  1. Pihak factor untuk memberikan jasa berupa:
  • Pembiayaan atas piutang usaha yang dimiliki oleh klien
  • Nonpembiayaan berupa antara lain penagihan piutang, dan administrasi penjualan
  1. Pihak klien untuk:
  • Menjual atau menjaminkan piutangnya kepada pihak factor.
  • Memberikan balas jasa finansial kepada factor
  1. Manfaat Anjak Piutang

Dengan adanya jasa dari perusahaan anjak piutang, klien mendapatkan manfaat dari transaksi yang telah dilakukan. Klien mendapatkan kas langsung dari penjualannya dalam bulan berjalan dan tidak perlu menunggu waktu sampai pembayaran dari konsumen. Dengan demikian, likuiditas perusahaan akan lebih terjamin dan modal kerja dapat terus bergulir. Kas yang diperoleh dari perusahaan anjak piutang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan biaya produksi. Biaya produksi dapat dipangkas dengan memanfaatkan diskonto dari para pemasok karena melakukan pembelian tunai. Pembelian bahan baku secara tunai sudah pasti akan mendapatkan diskon. Besarnya diskon tersebut dapat digunakan untuk mengompensasi biaya bunga yang dibayarkan kepada pihak perusahaan anjak piutang.

Klien juga dibantu dari sisi administrasi piutang. Klien tidak perlu lagi melakukan penagihan kepada konsumen karena perusahaan anjak piutang yang akan melakukan penagihan sekaligus memberikan informasi posisi piutang kepada klien. Laporan ini juga akan sangat berguna ketika konsumen mengajukan kembali permohonan pembelian secara kredit. Berikut adalah manfaat yang diperoleh masing-masing pihak: