Definisi Filsafat

 Definisi Filsafat

  1. Definisi Filsafat secara Etimologi

Istilah filsafat (Inggris: philosophy; Arab: falsafah) berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani Kuno, yaitu phielein atau philos yang berarti cinta atau sahabat, dan Sophia atau sophos yang berarti kebijaksanaan. Istilah philosphia dalam bahasa Indonesia identik dengan istilah filsafat, maka untuk orangnya,  yaitu orang mencintai kebijaksanaan disebut filsuf.

  1. Definisi Filsafat secara Operasional

Salah satu perbuatan Filsuf dalam mewujudkan cintanya kepada kebijaksanaan adalah berpikir atau berfilsafat untuk memperoleh kebenaran. Filsafat didefinisikan suatu proses berpikir reflektif sistematis dan kritis kontemplatif untuk menghasilkan sistem pikiran atau sistem teori tentang hakikat segala sesuatu secara komprehensif.

  1. Definisi Filsafat secara Leksikal

Sikap hidup atau pandangan hidup itu dimiliki melalui pengalaman yang relatif tidak didasari secara rasional dan diperoleh tidak dengan cara-cara berfilsafat.

  1. Karakteristik Filsafat
  2. Karakteristik Objek Studi Filsafat
  3. Objek Material Filsafat

Adalah segala sesuatu yang ada, objek material filsafat tersebut meliputi:

1)      Segala sesuatu yang ada yang telah diciptakan Tuhan, seperti: alam, manusia, nilai, dll.

2)      Segala sesuatu yang ada sebagai hasil kreasi manusia, seperti: politik, ekonomi, hukum, dst.

  1. Objek Formal Filsafat

Redja Mudyahardjo (1995) mengemukakan tiga karakteristik objek formal filsafat, yaitu:

1)      Spekulatif, bahwa permasalahan filsafat yang diajukan para filsuf mengandung pertanyaan-pertanyaan yang melampauai segala apa yang tampak atau mengenai hakikat segala sesuatu.

2)      Universal-abadi, bahwa apa yang dipermasalahkan oleh para filsuf sejak zaman dulu selalu dipermasalahkan juga oleh para filsuf dimasa yang akan datang.

3)      Terbuka, bahwa pertanyaan filsafati yang diajukan oleh para filsuf selalu memunculkan pertanyaan-pertanyaan berikutnya yang saling berkaitan.

 

Sumber :

https://robinschone.com/droidjoy-gamepad-apk/