Usia Produktif Lovebird

Usia Produktif LovebirdUsia Produktif Lovebird

 
Usia yang cocok untuk melakukan perkawinan pada lovebird adalah usia 1 tahun karena usia tersebut merupakan usia produktif dan benar-benar matang dan siap untuk melakukan perkawinan.

Proses Penjodohan Lovebird 

 
Lovebird bersifat monogami, ia hanya akan kawin dengan satu pasangan saja. Untuk penjodohan, yang paling umum dilakukan adalah dengan mendekatkan kedua sangkar berisi lovebird jantan dan betina secara terpisah, lalu amati perilakunya. Apabila keduanya terus saling mendekat, artinya keduanya berjodoh dan dapat dikawinkan. Proses ini memakan waktu 3-7 hari, jika sedang birahi maka bisa lebih cepat prosesnya. Cara lain adalah mengumpulkan beberapa lovebird dalam satu kandang dengan jumlah betina dan jantannya harus sama banyak, nanti akan terlihat lovebird yang telah berjodoh dan melakukan perkawinan, lalu pindahkan ke kandang penangkaran. Masa birahi dapat dilakukan dengan mengamati perilaku tertentu, misalnya lovebird jantan melakukan masturbasi dengan mengawini benda-benda disekitarnya, sering berkicau, membuka sayapnya dan ekor bergerak naik turun.
 
Proses Penetasan Telur Lovebird 
 
Masa pengeraman telur adalah 21-23 hari dan setelah itu, telur-telur akan menetas dengan waktu penetasan kurang lebih 24 jam. Hal ini umum terjadi pada lovebird karena anak burung lovebird butuh penyesuaian lingkungan dan sebaiknya peternak lovebird tidak perlu khawatir dan tidak ikut campur dalam penetasan telur lovebird. Memang ada sebagian telur lovebird yang tidak menetas, hal ini dikarenakan usia kawin lovebird yang begitu muda, yaitu 8 bulan, lingkungan yang tidak sehat dan nutrisi yang tidak tercukupi. Faktor lain adalah karena telur tidak dierami oleh induknya karena telur tergelincir keluar dari kotak sarang.
Pemberian Makan Anak Lovebird
 
Dalam meningkatkan produktifitas indukan lovebird, dilakukan dengan mengambil anak lovebird yang berusia 10-14 hari. Hal ini juga dilakukan agar anak lovebird menjadi lebih jinak dan mudah untuk di latih.  Anak lovebird diletakkan di dalam kotak yang diberi alas berupa handuk dan lampu berdaya 5 watt agar tetap hangat. Kemudian berikan bubur bayi instant yang sebelumnya dicampur dengan air hangat dengan menggunakan spet. Awalnya, campuran bubur diberikan dengan tingkat kekentalan yang rendah, lalu semakin bertambahnya usia anak lovebird, tingkat kekentalan bubur juga semakin bertambah. Pemberian makanan dilakukan setiap 4 jam sekali setiap hari secara teratur.