Kompensasi (compentation)

 Kompensasi (compentation)

Setiap pekerjaan pastia akan ada kompensasi atas apa yang telah dikerjakan. Dalam prinsip ekonomi hal tersebut diterapkan dalam bentuk gaji. Begitu pun dalam ekonomi Islam yang dimana terdapat hadist bahwa “Rasulullah SAW bersabda: bayarlah upah sebelum kering keringatnya.”

  1. Efisiensi (efficiency)

Suatu kegiatan pengelolaan sumber daya melibatkan lima unsur pokok, yaitu kehalian, tenaga, bahan, ruang, dan waktu, sedangkan hasil terdiri dari aspek jumlah (kuantitas) dan mutu (kualitas). Efisiensi dalam arti umum berarti kegiatan yang menghasilkan output yang memberilan maslahah paling tinggi atau yang disebut efisiensi alokasi (allocation effiency). Dalam arti sempit, efisiensi berarti kegiatan yang menghasilkan output paling banyak dan berkualitas atau disebut efisiensi teknis (x-effiency).[8]

  1. Profesionalitas (profesionalism)

Profesional artinya dapat membedakan antara urusan pribadi dengan pekerjaan yang wajib kita lakukan. Dengan adanya profesionalisme ini efisiensi produksi dapat tercapai.

  1. Kecukupan (suffenciency)

Kecukupan bukan hanya berarti segala kebutuhan yang mendesak dapat dipenuhi saja. Kecukupan juga mencakup kenyamanan akan apa ia miliki pada saat itu gunan membangun keluarga yang sejahtera secara finansial.

  1. Pemerataan kesempatan (equal opprtunity)

Setiap individu baik berbeda gender, suku, ras, maupun agama memiliki kesempatan yang sama hal pengelolaan sumber daya maupun dalam hal menikmatinya. Kesempatan yang ada harus merata kepada seluruh kalangan tanpa terkecuali.

  1. Kebebasan (freedom)

Setiap manusia juga diberikan kebebasan dalam menempuh kehidupannya di dunia. Mereka memiliki kebebasan memilih baik buruk, benar salah, baik yang merusak maupun yang bermanfaat. Namun, dalam Islam dianjurkan untuk memilih pilihan yang lebih banyak mengandung maslahah dibanding mudharatnya.

  1. Kerja sama (cooperation)

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat lepas dari individu yang saling. Semua saling ketergantungan satu sama lain. Ketergantungan tersebut membuat setiap individu harus saling bekerja sama agar pekerjaan yang ia inginkan dapat selesai seusai dengan harapannya.

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/