Assunah atau al-hdist

Assunah atau al-hdist

Assunah atau al-hdist

Assunah atau al-hadist adalah penjelasan otentik dari al-quran . sunnah menurut logat yakni jalan yang dilalui oleh Nabi. Sedangkan menurut syariat adalah perkataan, perbuatan dan ketetapan Nabi atas sesuatu yang dikatakan atau diperbuat oleh sahabat.

 Bentuk-bentuk Hadist antara lain:

  1. Hadist shih (benar) diaman perawi-perawinya terkenal orang baik, dan boleh dipercaya.
  2. Hadist Hasan (baik) dimana perawi-perawinya tidak mencapai derajat perawi hadist sahih tetapi tidak diketahui ada catatannya.
  3. Hadist Dhaif (lemah), dimana perai-perawinya disangsikan kebolehannya.

Ijtihad aatau akal pikiran

Ijtihad berasal dari kata jahada, artinya bersungguh-sungguh atau ikhtiar untuk mendapatkan sesuatu.

Ijtihad ada 2 macam yakni ijtihad individual, dan ijtihad kolektif. Tidak semua orang dapat berijtihad, kecuai orang-orang yang memang mampu menguasai bahasa Arab dan memahami al-quran, dan al-hadist.

HUKUM PERIKATAN (MUAMALAH)

  • Fiqh muamalah secara umum adalah norma hukum yang memuat tentang
  • Fiqh munahakat yakni hukum yang mengatur tentang perkawinan, perceraian, dan akibat hukumnya.
  • Fiqh wirasah, atau faraid adalah hukum kewarisan, mengatur pewaris, ahli waris, harta peninggalan serta pembagian harta warisan.
  • Fiqh muamalah secara khusus adalah norma yang mengatur tentang kebendaan dan hak0hak kebendaan aturan mengenai jual beli, sewa menyewa, persyerikatan(kerja sama bagi hasil) pengalihan hak, dan segala yang berkaitan dengan transaksi.

Fiqh. Secara etimologi, artinya paham (al-quran at taubah :122) . fiqh berupa ilmu pengetahuan tentang hukum syara yang berifat amali yang diperoleh dari dalil-dalil yang tafsili.

  • Syara : hukum Allah tentang perbuatan manusia

Sumber :

https://callcenters.id/