Google Play Store: “Memuat” aplikasi dengan langganan yang menyesatkan

Google Play Store: “Memuat” aplikasi dengan langganan yang menyesatkan

 

Google Play StoreMemuataplikasi dengan langganan yang menyesatkan
Google Play StoreMemuataplikasi dengan langganan yang menyesatkan

Google telah mengumumkan dan menerapkan beberapa perubahan besar pada ketentuan yang mengatur penggunaan data lokasi oleh aplikasi, serta langganan yang disediakan oleh beberapa aplikasi di Play Store.

Larangan merekam data lokasi yang tidak perlu

Awalnya, aplikasi yang ingin merekam data lokasi pengguna harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Google. Alasannya sangat sederhana, perusahaan berusaha membatasi jumlah aplikasi Play Store yang tidak memerlukan akses ke data sensitif tanpa alasan .

Aplikasi seperti media sosial yang menunjukkan kepada teman pengguna lokasi mereka atau alat darurat akan disetujui. Namun, aplikasi belanja yang mungkin mencari toko terdekat berdasarkan lokasi pengguna tidak akan mendapatkan lisensi yang relevan. Untuk aplikasi yang memerlukan izin dari pengguna sebelum menggunakan data lokasi , mereka akan menerima izin segera.

Semua aplikasi baru di Play Store harus mematuhi kebijakan baru pada bulan Agustus. Adapun aplikasi yang sudah ada di app store, pembuatnya memiliki waktu hingga November untuk mematuhi kebijakan baru.

Mulai Agustus dan seterusnya, tidak ada aplikasi baru yang akan masuk ke Play Store kecuali mereka mendapatkan lisensi yang relevan, sedangkan jika dev dari aplikasi lama tidak mematuhi kebijakan baru, Google akan menghapus aplikasi mereka dari app store.

Lebih transparan dalam langganan
Perubahan besar lain yang telah dibuat Google adalah meminta pengembang aplikasi yang menawarkan layanan berlangganan untuk memperjelas apa yang mereka tawarkan.

Pengguna mengeluh bahwa tidak selalu jelas apa yang harus mereka bayar . Play Store sendiri memberikan

pengingat saat uji coba gratis berakhir atau periode menggunakan langganan dengan harga preferensi khusus. Selain itu, ia mengirim email ke pelanggan jangka panjang ketika terjadi perubahan pada langganan yang mereka kelola.

Namun, Google sekarang meminta pengembang untuk menjelaskan dengan tepat apa yang disediakan langganan mereka, untuk memungkinkan pengguna memilih apakah layak membayar atau tidak. Juga, pada halaman pendaftaran dalam aplikasi harus jelas berapa biaya dan durasi berlangganan, sehingga pengguna tahu setiap kali dia harus membayar.

Selain itu, ketika datang ke langganan uji coba gratis, durasinya harus dinyatakan secara eksplisit , kapan tagihan

pertama akan dibuat, jumlah tagihan, apa yang ditawarkan percobaan gratis, dan bagaimana pengguna dapat membatalkannya.

Terakhir, semua pengembang aplikasi yang ada memiliki kesempatan untuk mematuhi kebijakan di atas paling lambat 16 Juni, jika tidak Google akan menghapus aplikasi mereka dari Play Store .

Baca Juga: