Sumber Pembelajaran

Table of Contents

Sumber Pembelajaran

Sumber Pembelajaran

Pada dasarnya sumber belajar adalah suatu sistem yang terdisi dari sekumpulan bahan/situasi yang dikumpulkan secara sengaja dan dibuat agar memungkinkan siswa belajar, sumber belajar juga diartikan sebagai segala jenis media, benda, data, fakta, ide, manuasi, dan lain-lain yang dapat mempermudah terjadinya proses belajar bagi siswa. Berikut maca-macam sumber pembelajaran di SD/MI:

  1. Manusia

Manusia dapat dijadikan sebagai sumber belajar, peranannya sebagai sumber belajar dapat dibagi kedalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah manusia atau orang yang sudah dipersiapakan khususs sebagai sumber belajar melalui pendidikan yang khusus pula, seperti guru, dosen, motivator, dan lain-lain. Kelompok kedua yaitu manusia atau orang yang tidak dipersiapkan secara khusus untuk menjadi seorang narasumber akan tetapi memiliki keahlian yang mempunyai kaitan erat dengan program pembelajaran yang akan disampaikan seperti dokter penyuluh kesehatan, petani, polisi dan lain-lain.

  1. E-Book

e-book atau buku elektronik adalah buku cetak versi elektronik yang dapat dibaca dengan menggunakan teknologi seperti: laptop, computer, android dan lain-lain.

  1. Perpustakaan Digital

Perkembangan teknologi jaringan dan digital juga ikut berpengaruh terhadap munculnya konsep perpustakaan atau digital library. Perpustakaan digital dapat diartikan sebagai koleksi atau kumpulan bahan pustaka dalam bentuk elektronik.

  1. Lingkungan

Lingkungan yang dimaksud lingkungan yang mampu memberikan pengkondisian belajar.


Sumber: https://fgth.uk/clouds-sheep-apk/