Kelola absen dan tracking employee pakai sistem absensi online

Kelola absen dan tracking employee pakai sistem absensi online

Kelola absen dan tracking employee pakai sistem absensi online

Kelola absen dan tracking employee pakai sistem absensi online – Seiring dengan kemajuan teknologi kini sistem absensi karyawan juga mengalami peningkatan dari segi pengelolaan, maupun metode absen. Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia HR istilah “absensi online” pastinya sudah familiar, namun sebenarnya bagaimana inovasi sistem absensi ini bekerja? Mari kita bahas dengan ringkas beserta kelebihannya dibandingkan dengan sistem absen konvensional. Berikut penjelasan Kelola Absen dan Tracking Employee Pakai Sistem Absensi Online.

Kelola absen dan tracking employee pakai sistem absensi online
Cara kerja absensi online

Efisiensi pengelolaan merupakan tujuan yang coba diterobos dengan sistem absensi online, dengan memanfaatkan jaringan internet, server, GPS, sistem biometrik, sistem HRIS dan tentunya smartphone sebagai perangkat pengganti mesin absensi.
Baca Juga:

5 Merk Mesin Absensi Sidik Jari Terbaik Terbaru 2019
Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer
Pengertian dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server

Pengguna (karyawan) bisa memasang sistem absen online dalam bentuk aplikasi

di smartphone mereka, kemudian melakukan absen dari aplikasi tersebut, metode autentifikasinya bisa dengan beberapa hal yakni lock GPS area (karyawan hanya bisa absen di wilayah yang telah ditentukan), kemudian fingerprint atau foto.

Kemudian pengguna bisa mengirim absen mereka langsung ke server tentunya dengan koneksi internet. Dalam server tersebut divisi HR bisa mengakses dan melihat laporan absensi seluruh karyawan, mereka bisa mendownload file absen untuk bisa melihat data secara offline.

Lalu bagaimana data kehadiran yang masuk ke server ini diatur?

Dashboard PayrollBozz

Inilah yang spesial dari sistem absensi online karyawan zaman sekarang, developer software HR seperti PayrollBozz membuat suatu sistem yang dapat mengorganisir tata kelola dan tata laksana pengelolaan SDM termasuk didalamnya data kehadiran karyawan, yang mana sistem ini disebut HRIS (human resource information systems)

Sistem HRIS yang ditanamkan dalam server akan mengatur semua data

kehadiran yang masuk, Siapa yang mengatur? Dalam hal ini perusahaan. Sebelum menggunakan sistem absensi online pastinya perusahaan akan diminta untuk melakukan pengaturan mulai dari, radius absen, jam masuk & pulang, lembur, dan lainnya.

Jadi data yang masuk akan diatur sesuai regulasi perusahaan, ketika divisi HR perusahaan mengunduh attendance report dari sistem maka yang diterima adalah data jadi, disana akan terlihat jumlah kehadiran, keterlambatan, lembur, dan izin di semua hari kerja ataupun libur untuk seluruh karyawan.

Untuk lebih mengefisiensi kerja divisi HR perusahaan data kehadiran

yang masuk ke dalam sistem bisa langsung masuk ke dalam proses penggajian atau Payroll, disana akan di kalkulasi gaji karyawan base on attendance report beserta komponen-komponen lainnya seperti tunjangan, insentif, potongan, pajak, BPJS dan lainnya. Nah salah satu keunggulan menggunakan sisten absensi online sudah kita sebutkan, apalagi selain itu? Mari lihat dibawah ini.

 

sumber :

https://carilagu.co.id/haunted-hotel-apk/