Katanya Pasir Pantai Bisa Bikin Batre Hape Jadi Gak Boros, Masa Sih?

Katanya Pasir Pantai Bisa Bikin Batre Hape Jadi Gak Boros, Masa Sih?

 

 Katanya Pasir Pantai Bisa Bikin Batre Hape Jadi Gak Boros, Masa Sih?
Katanya Pasir Pantai Bisa Bikin Batre Hape Jadi Gak Boros, Masa Sih?

NGONOO.com ~ Buat para penggila hape dan penggila media sosial, batre tuh bisa dibilang ibarat nyawa gitu ya. Soalnya kalo batre hape mereka udah mau habis mesti pada langsung sibuk nyari colokan buat ngecharge. Atau berhubung sekarang udah ada yang namanya powerbeng, mereka kemana-mana bawa powerbeng sambil dicolokin ke hape terus jalan-jalan ditempat umum sambil nunduk mainin gadgetnya, cebel deh liatnya.
Baterai – Elemen penting Smartphone

Baterai – Elemen penting Smartphone

Tapi ya itu terserah mereka ding ya bero, kan tiap orang beda-beda gitu. Nah berhubung ada femonema jalan nunduk sambil mainin hape yang dicolokin ke powerbeng ini, maka para produsen hape juga tidak tinggal diam. Udah banyak banget usaha pengembangan batre hape agar gak cepet habis.

Tapi ya emang kalo hapenya dimainin terus entah itu buat ngegame atau buat internetan ya batrenya cepet boros. Makanya para peneliti masih sibuk ngembangin batre yang gak boros walopun digunakan secara terus menerus.

Sama seperti para peneliti yang berasal dari University of California and the Bourns College of Engineering, buat

yang gak bisa membaca bahasa inggris disarankan gak usah membaca nama universitasnya, nanti ndak lidahnya keseleo kayak saya. Pokoknya peneliti dari fakultas teknik yang ada di California sana bero yang bikin penelitian ini.

Dan walhasil para peneliti tersebut mempublikasikan riset mereka, dimana dalam riset tersebut dijelaskan bahwa ternyata nih pasir pantai bisa membuat baterai jadi awet gitu, gak boros deh pokoknya.

Para peneliti itu menggunakan pasir pantai sebagai anoda batre hape, sehingga batre hapepun bisa meningkatkan efisiensi daya dan jadi awet alias gak boros. Anoda tuh apa to? Anoda adalah komponen batre yang fungsinya sebagai pengumpul kutub positif arus listrik yang mengalir ke dalam batre.

Kalo saat ini sih, batre hape pada umumnya menggunakan bahan serbuk grafit buat anoda. Makanya para peneliti

tersebut mencoba mengganti serbuk grafit dengan pasir pantai yang udah disuling dan dimurnikan, lalu ditambah garam dan penyedap rasa, eh salah, maksudnya ditambah garam dan magnesium ke dalam campurannya sembari dipanaskan.

Dengan campuran bahan-bahan tersebut maka akan dihasilkan silikon murni yang bisa menjadi materi yang lebih baik untuk anoda. Lebih baik karena silikon yang dihasilkan tersebut punya tekstur yang berpori-pori gitu bero, sehingga akan lebih efisien dalam menyimpan daya, kata para peneliti sih kayak gitu.

Yah semoga aja penelitian tersebut bisa lebih dikembangin lagi dan dipatenkan ya bero, kan kalo emang bisa pakai

pasir pantai agar batre hape lebih awet maka bisa memanfaatkan kekayaan alam, asalkan gak bikin alam jadi makin rusak aja.

gambar: Baterai Hape Boros via Shutterstock

Baca Juga: