6 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Membeli ZenFone 3

6 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Membeli ZenFone 3

 

6 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Membeli ZenFone 3
6 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Membeli ZenFone 3

ZenFone 3 baru saja meluncur ke pasaran Indonesia, dari desainnya jelas beda banget sama pendahulunya, sekarang kelihatan lebih premium dengan casing kaca dan body metal. Sekilas tentang ZenFone 3, saat ini yang resmi sudah beredar di pasaran adalah model ZenFone 3 ZE520KL, yaitu ZenFone 3 yang berukuran layar 5,2 inci. Harganya sekitar 4 jutaan, model ini juga punya dua varian, bedanya pada RAM dan Storage saja, RAM 3 GB untuk yang storage 32 GB dan RAM 4 GB untuk yang storage 64 GB.

Saat ini saya sedang menggunakan ZenFone 3 ZE520KL, setelah beberapa hari merasakan sensasinya, rasanya smartphone ini memang nyaman untuk menemani aktivitas sehari-hari. Tapi kali ini saya nggak mau nge-review lho ya, cuma tips apa saja yang sebaiknya kamu lakukan setelah membeli ZenFone 3 ini.

Smartphone baru, selain dielus-elus, juga harus disesuaikan pengaturannya dengan kebutuhan dan keinginan. Berikut beberapa hal penting yang sebaiknya kamu sesuaikan.
1. ZenMotion: Touch Gesture & Motion Gesture

Fitur ini memungkinkan kamu buat melakukan sesuatu hanya dengan ketukan atau gerakan di layar. Untuk touch gesture, kamu bisa menggunakannya untuk mengunci dan membuka kunci layar dengan dua ketukan, nggak perlu menekan tombol power. Selain itu kamu juga menggunakannya untuk membuka aplikasi tertentu dengan gesture membentuk huruf tertentu, misal huruf S untuk membuka kamera depan.

zenmotion

Sedangkan dengan motion gesture kamu bisa mematikan ringtone saat ada telepon tapi nggak mau menjawab hanya dengan membalik smartphone, lalu bisa juga menjawab telepon tanpa menekan tombol apapun, langsung saja smartphone-nya ditempelkan di kuping.

Pengaturannya ada di Settings -> ZenMotion
2. Vibration Intensity

Fitur ini unik, jarang ditemukan di smartphone lain, jadi kamu bisa atur seberapa keras getaran ZenFone waktu ada telepon, notifikasi, dan tombol nav bar disentuh.

vibration

Pengaturannya ada di Settings -> Sound & Vibration -> Vibration intensity
3. Fingerprint

Ini yang nggak ada di ZenFone sebelumnya, buat kamu yang barusan upgrade dari ZenFone 2 harus coba fitur ini. Untuk keamanan, pengganti PIN, password, dan pattern lock, kamu bisa gunakan fingerprint sensor yang ada di bagian belakang, bawahnya kamera.

Fingerprint sensor juga bisa gunakan untuk menjawab telepon, membuka aplikasi kamera, dan shutter kamera.

fingerprint

Tips: Karena ZenFone 3 bisa merekam 5 sidik jari, jadi jangan cuma jari kamu saja yang direkam, kalau punya istri

atau suami, silakan rekam juga jarinya biar bisa membuka ZenFone kamu dengan mudah. Asal jangan jari kaki aja :|.

Tapi tenang saja, meskipun kamu sudah menggunakan pengaman fingerprint, kamu masih bisa membuka layar dengan password koq.

Pengaturannya ada di Settings -> Fingerprint
4. Mobile Manager

mobile-management

Mobile Manager ini juga unik, fungsinya adalah untuk mengatur banyak hal agar performa ZenFone tetap terjaga. Beberapa hal yang penting untuk diatur antara lain:
– Data usage, untuk mengecek penggunaan data internet, kamu juga bisa membatasi penggunaannya.
– Power saver, untuk mengatur mode smartphone biar sesuai dengan kebutuhan, misalnya pas main game bisa di-set ke performance mode lalu pas penggunaan normal bisa di-set ke normal mode, dan kalau pas baterai menipis bisa kamu set ke super saving mode.
– Notifications, untuk mengatur notifikasi apa saja yang boleh muncul
– Auto-start Manager, ketika memasang aplikasi baru, secara default aplikasi itu nggak diijinkan untuk jalan secara

otomatis, makanya notifikasi nggak muncul. Nah, silakan pilih aplikasi-aplikasi penting agar nggak terlewatkan satu notifikasi pun.

5. Ganti ringtone dan notifications

Sepertinya sepele, tapi nyatanya banyak yang nggak mengganti ringtone dan notifikasi lho, misalnya ada beberapa yang pakai ZenFone lalu ada telepon masuk, pasti bingung deh. 😀

zedge

Silakan coba aplikasi semacam Zedge untuk mendownload ringtone dan notification tone, koleksinya banyak dan

gampang pakainya.
6. Ganti keyboard

Bukan maksud hati menjelekkan keyboard bawaan ZenUI, tapi penggunaan keyboard adalah tergantung kebiasaan, karena layout antar aplikasi keyboard memang berbeda. Bukan pada QWERTY-nya, tapi pada simbol-simbolnya.

Sumber:

https://okabawes.co.id/kinemaster-pro/