Sistem Pengaman agar Android Bebas Malware

Sistem Pengaman agar Android Bebas Malware

Sistem Pengaman agar Android Bebas Malware
Sistem Pengaman agar Android Bebas Malware

SISTEM operasi Android paling banyak digunakan di seluruh dunia. Google mengklaim ada sekitar dua miliar pengguna sistem operasi tersebut.

Dengan jumlah pengguna miliaran itu, tentunya membuat

mereka menjadi sasaran empuk berbagai serangan malware yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Sebagai pencipta Android, Google merasa bertanggung jawab untuk menjamin keamanan sistem operasi yang mereka buat. Membuat jaminan keamanan bukanlah hal mudah. Sebabnya, Android menerapkan prinsip open source yang memungkinkan pihak lain mengakses ataupun memodifikasinya.

“Sebagai sistem operasi paling populer dan menjadi ekosistem terbesar, tentu kami sadar harus membekali dengan sistem keamanan,” jelas Direktur Teknik untuk Keamanan Android Google, Adrian Ludwig, dalam video conference di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (10/10).

Prinsip open source yang dipegang Android, lanjutnya

, tetap berisiko diserang malware. Namun, sisi positif prinsip itu dapat menciptakan teknologi lebih baik dan berkolaborasi dengan pihak lain.

“Kelemahannya orang lain bisa memanfaatkan open source itu untuk hal-hal buruk, seperti membuat malware atau bahkan mencuri data-data pengguna,” tambah Adrian.

Lebih lanjut, ia memaparkan tugas yang diemban para teknisi sistem keamanan Android sangat berat karena tidak hanya dijalankan pada ponsel pintar, tetapi juga perangkat lain yang juga mengadopsi Android sebagai sistem operasi.

Langkah pengamanan

Salah satu langkah dasar yang dilakukan Google

untuk pengamanan dan menangkal serangan malware pada Android ialah menyiapkan sistem keamanan. Google bersama perusahaan sistem keamanan menganalisis bentuk serangan yang terdeteksi. Selanjutnya, Google akan menyebarkan aplikasi serta sistem keamanan tersebut lewat vendor yang menciptakan perangkat (OEM) untuk membantu menyebarkannya.

 

sumber :

https://profilesinterror.com/distraint-apk/