Ambil Uang di ATM, China Gunakan Sensor Wajah

Ambil Uang di ATM, China Gunakan Sensor Wajah

Ambil Uang di ATM, China Gunakan Sensor Wajah
Ambil Uang di ATM, China Gunakan Sensor Wajah

BEIJING – Untuk mengambil uang di mesin ATM kini China tak lagi menggunakan kartu ATM. Kini sejumlah bank di China mengunakan teknologi pemindai wajah, teknologi yang lebih canggih dan modern.

Mesin ATM dengan teknologi pemindai wajah diluncurkan oleh cabang-cabang bank

China Construction Bank (CCB), Agricultural Bank of China (ABC) dan China Merchants Bank (CMB) dapat mengidentifikasi dan mengotentikasi pengguna yang bahkan kembar, menggunakan make up, atau melakukan operasi wajah ringan, sesuai dengan bentuk tulang dan jarak alis.

Hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk menarik uang dari mesin ATM, dan penarikan harian untuk setiap pengguna dibatasi minimal 3.000 yuan atau Rp6 juta. Terlepas langkah pertama keamanan dengan pengenal wajah, pelanggan juga perlu memasukkan nomor ID atau nomor ponsel mereka untuk verifikasi identitas dan kata sandi akun untuk menarik uang.

Baca Juga:

Perkembangan Cepat AI dan IoT Paksa Perusahaan Bertransformasi
Alat Sterilisasi Alkohol Bisa Hancurkan Lapisan Luar Virus

Terlepas langkah pertama keamanan dengan pengenal wajah,

pelanggan juga perlu memasukkan nomor ID atau nomor ponsel mereka untuk verifikasi identitas dan kata sandi akun untuk menarik uang.

Menurut salah seorang karyawan CMB, belum ada masalah sejak layanan

tersebut diluncurkan. Dia menambahkan bahwa teknologi tersebut dapat mengetahui apakah pemegang rekening sesuai dengan pengguna dan menilai apakah orang tersebut benar atau tidak.

“Teknologi pengenal wajah telah diterapkan pada layanan pembayaran untuk waktu yang lama. Bank-bank yang menggunakan teknologi hanya untuk menawarkannya sebagai layanan alternatif untuk berbagi pengalaman pelanggan,” kata Dong Ximiao, peneliti senior di Chongyang Institute for Financial Studies, Renmin University of China.

 

Baca Juga :