Interaksi Manusia dan Komputer PDF Manual

Interaksi Manusia dan Komputer PDF Manual

Interaksi Manusia dan Komputer PDF Manual
Interaksi Manusia dan Komputer PDF Manual

Pengertian dari Interaksi Manusia dan Komputer Sekarang ini tidak ada definisi yang disetujui menyangkut topik yang membentuk area interaksimanusia dan komputer. Walaupun begitu kita perlu suatu pengetahuan tentang bidang pentingnya hubungan antara manusia dan komputer, hal ini berguna karena jika kita ingin memperoleh dan mengembangkan materi pendidikan atau menciptakan suatu software maupun hardware. InteraksiManusia dan Komputer adalah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengandisain, implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi yang interaktip untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya. Dari suatu ilmu pengetahuan tentang perspektif dari komputer, Maksud dari interaksi dan secara rinci pada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin. Yang menggontrol sebuah mesin tersebut adalah seseorang, dengan menggunakan suatu program grafik interaktif yang ada pada suatu stasiun kerja. Disini bisa kita lihat bahwa ada bermacam-macam arti dengan apa yang dimaksud dengan interaksimanusia, dan mesin, Makanya, kita tidak mungkin untuk meniadakan bagian dari InteraksiManusia dan Komputer, meskipun demikian kita ingin mengidentifikasi ruang lingkupnya, serta topik lain yang lebih umum tenteng InteraksiManusia dan Komputer. Sebab Interaksi Manusia dan Komputermempelajari antara suatu manusia dan suatu mesin didalam sebuah komunikasi, yang mendukung pengetahuan dari kedua-duanya antara sisi mesin dan sisi manusia. Pada sisi mesin, teknik dalam komputer grafik, sistem operasi, bahasa programan, dan lingkungan pengembangannya. Sedangkan pada sisi manusia antara lain, teori komunikasi, disain industri dan grafis, linguistik, ilmu-ilmu sosial, psikologi, dan tujuan manusia relevan. Dan tentu saja perancangan sistem dan metoda lain yang sesuai. Pernahkah anda mendengar istilah “user friendly” (ramah pengguna), “WYSIWYG” (what you see is what you get)? Istilah ini digunakan ketika seseorang atau perusahaan menawarkan sebuah perangkat lunak atau program aplikasi. Istilah “ramah pengguna” digunakan untuk menunjuk kepada kemampuan yang dimiliki oleh perangkat lunak atau program aplikasi yang mudah dioperasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna (user) merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut. Prinsip kerja dalam komputer adalah : masukan (input) –> proses (process) –> keluaran (output) Ketika seseorang bekerja dengan komputer, ia melakukan interaksi dengan komputer dengan cara-cara tertentu. Cara yang umum dilakukan adalah bahwa pengguna memberikan suatu perintah kepadakomputer dan komputer menanggapinya dengan mencetak atau menuliskan tanggapan itu pada layar tampilan (monitor). Dari jargon “input, process, output” diatas, pengguna tidak tahu menahu dengan apa (process) yang sesunguhnya terjadi di dalam sistem komputerDengan kata lain, lewat input (masukan) dan output (keluaran)-lah pengguna dan komputersaling berinteraksi. Agar pengguna dan komputer dapat berinteraksi, sehingga pengguna dapat merasakan keramahan sistem komputerkepadanya, diperlukan adanya suatu media yang memungkinkan interaksitersebut berlangsung. Contoh sederhana dari interaksi adalah ketika pengguna menerapkan statemen readln dan writeln. Statemen readln digunakan untuk memasukkan data yang diminta oleh komputer. Statemen writeln digunakan untuk mencetak hasil proses yang telah dikerjakan oleh komputer. Seiring banyaknya cacah data yang harus dimasukkan ke dalam komputer, pengguna menginginkan agar ia dapat melakukan pemasukan data dengan cara yang semudah mungkin, dan apabila terjadi kesalahan maka ia dapat mengulang dan mengabaikan pemasukan sebelumnya. Antarmuka berbasis grafis di satu sisi memang atraktif, tetapi di sisi lain juga menjadi sukar diimplementasikan. Tetapi untungnya saat ini sudah banyak dijumpai kompiler yang memudahkan seseorang programmer untuk menyusun antarmuka berbasis grafis. Kompiler-kompiler itu dikenal mendukung suatu teknik pemrograman yang dikenal dengan pemrograman visual (visual programming). Tujuan Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer : untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Mengapa membutuhkan Interaksi Manusia dan Komputer ? Sebagai contoh: Seorang Programmer membuat sebuah program denganmenggunakan beberapa form. Form pertama misalnya berisi transaksi penjualan barang, kemudian dia membuat beberapa tombol dengan nama New, Save, Edit, Delete. Kemudian pada form kedua misalnya berisi transaksi pembelian barang, programmer tersebut membuat beberapa tombol dengan nama Baru, Simpan, Koreksi, Hapus. Dari contoh diatas terlihat bahwa penamaan tombol-tombol tersebut pada beberapa form berbeda dan tidak konsisten. Dan untuk sebuah program hal ini tidaklah baik. Sebagai contoh lagi, misalkan sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang user yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajarimata kuliah InteraksiManusia dan Komputer. Masih banyak contoh- contoh lainnya yang berhubungan dengan Interaksi Manusia dan Komputer Media antarmuka manusia dan komputer sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu: 1. Media Tekstual Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusiadan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik” Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln. Statement readln akan menunggu pemasukan data yang diminta oleh komputer sedangkan statemen writeln digunakan sebagai sarana untuk menampilkan hasil yang telah diproses oleh komputer. Berikut contoh listing program menggunakan PASCAL: Contoh Program Pascal OUTPUT :  Contoh Output Program Pascal 2. Media GUI (Graphical User Interface) Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif” Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain) Contoh GUI BIDANG STUDI Untuk membuat media interaksimanusia dan komputer yang lebih baik maka harus mempelajari dan memahami bidang ilmu lain : A. Teknik Elektronika dan Ilmu KomputerBerbicara tentang komputer khususnya dari sisi perangkat keras, pastilah tidak lepas dari pembicaraan tentang teknik elektronika, karena dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan denganperangkat keras komputer. Selain dari sisi perangkat keras, kita juga perlu membekali diri dengan keahlian dari sisi perangkat lunak, sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi. Dengan kata lain, bidang ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem interaksi manusiakomputer. B. Psikologi Memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusiasehingga dapat bekerjasama. C. Perancangan grafis dan tipografi Memanfaatkan gambar sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dan komputer. D. Ergonomik Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer E.

Sumber : https://furnituremebeljepara.co.id/