PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ISLAM

PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ISLAM

PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ISLAM
PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ISLAM

 Definisi IPTEKS adalah serangkaian ilmu pengetahuan yang sudah di klasifikasikan kebenaranya.

Syarat-syarat ilmu ada tiga unsure yakni : ontology (objek studi  yang jelas), aksiologi (dapat bermanfaat), dan epistimologi(metode kerja yang jelas). Sumber ilmu yaitu berasal dari wahyu dan akal. Wahyu adalah Ilmu dalam pemikiran islam bersifat abadi, mutlak dan bersumber dari allah.  Sedangkan ilmu akal berasal dari pikiran seseorang dan kebenarannya masih nisbi (relative).

       Integrasi  iman,ilmu,amal dan ipteks tidak bias dipisahkan oleh hubungan dan dinamis dinul islam yang terletak pada akidah, syariah, dan akhlak. Keutamaan orang berilmu adalah merupakan tuntutan hidup semata, juga sebagai ibadah kepada allah, sarana peningkatan rasa syukur dan ketakwaan.

   Agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan kehidupan umat manusia dan makhluk allah khususnya. Kerahmatan islam bagi seluruh alam bentuknya terlihat dari islam yang menunjujkan manusia jalan hidupa yang benar, islam memberikan kebebasan kepada manusia untuk bertanggung jawab, islam yang menghargai dan menghormati semua manusia sebagai hamba allah, islam juga mengatur pemanfaatan alam secara baik., dan islamjuga menghormati kondisi spesifik individu.

       Makna ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah adalah jika ukhuwah islamiyah adalah persaudaraan  sesame umat islam tanpa memandang apapun . sedangkan ukhuwah insaniyah adalah persaudaraan sesama manusia.

    Terkadang perbedaan agama yang terjadi merupakan konsekuasi dari kebebasan yang diberikan allah dan bukan penghalang bagi manusia untuk berinteraksi social dan saling membantu. Kebersamaan dalam pluralitas terhadap  umat non islam diterangkan agar kita bias bertoleransi kepada agama lain. Saling menghormati

TOPIK 11 MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMAT

      Masyarakat madani adalah sebuah tatanan masyarakat yang berdiri secara mandiri dihadapan penguasa dan Negara yang dapat menyalurkan aspirasi untuk kepentingan publikdan hidup dalam kemajemukan dan memiliki sikap toleransi satu sama lain yang dilandasi akhlak mulia.

     Karakteristik masyarakat madani selalu bertuhan, pluralistic dalam beragama, saling menghormati, berakhlak mulia, beradab tinggi, dan mengakui  kebebasan beragama. Peranan umat islam dalam masyarakat madani adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengejar segala ketertinggalannya. Guna memberantas kebodohan, kemiskinan, dan menciptakan kesejahteraan umat.

Sumber : https://andyouandi.net/