Sekilas Tentang Python

Table of Contents

Sekilas Tentang Python

Sekilas Tentang Python
Sekilas Tentang Python

Python merupakan bahsa pemrograman beraras – tinggi yang diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1989 di Amsterdam, Belanda. Sebagai bahasa beraras – tinggi, Phyton menawarkan berbagai kemudahan menulis suatu program. Sebagai bahasa yang multiplatform, yang dapat berjalan di lingkungan seperti Windows, UNIX, Linux, dan Mac, Python memberikan portabilitasa  yang tinggi. Bahkan Python menggunakan antarmuka yang sama pada platform – platform tersebut.

Python banyak diminati karena kesederhanaannya. Malahan bahasa intinya hanya menyediakan sedikit tata bahasa dan kosakata sehingga mudah untuk diingat – ingat. Hal seperti ini berbeda dengan bahasa seperti C, yang menawarkan berbagai alternative pengkodean untuk melaksanakan tugas yang sama. Sebagai contoh, untuk menangani pengulangan C menyediakan perintah while dan for, sedangkan Python hanya menyediakan while saja. Perintah for memang tersedian pada Python, tetapi digunakan untuk kepentingan lain, yaitu khusus untuk menangani list. Namun, dibalik kesederhanaan ini, python mendukung banyak pustaka yang tersimpan dalam modul – modul. Sejumlah pustaka tersedia antara lain mendukung jaringan, antarmuka grafis, pencitraan, analisis dan komputasi numeric, hypertext (HTML, XML, dll) akses database, dan berbagai hal lain.
Selain sederhana, kode Python mudah untuk dibaca siapa saja baik oleh pemula maupun oleh mereka yang sudah terbiasa dengan dunia pemrograman. Hal ini berarti Python mudah untuk dikuasai. Kemudahan untuk mempelajari Python juga karena Python menggunakan interpreter sebagai penterjemah. Dengan menggunakan interpreter Python, pemakai dapat menguji suatu pernyataan dalam Python secara Interaktif ; tidak perlu menuliskan kode dalam bentik program.
Seiring dengan kecenderungan penggunaan pemrograman berorientasi objek dewasa ini, Phyton juga sangat tepat untuk digunakan mengingat Python merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Oleh karena itu, keistimewaan tentang pewarisan dan instanisasi yang ditawarkan pada bahasa beorientasi objek juga dapat diwujudkan pada Python. Dengan kata lain, Python mendukung konsep reusability, suatu kemudahan untuk mengembangkan kode terhadap kode yang sudah ada. Namun, berbeda dengan C++, Python jauh lebih sederhana.

Baca Juga :