Talenta Digital Dibutuhkan Menuju Era Industri 4.0

Talenta Digital Dibutuhkan Menuju Era Industri 4.0

Talenta Digital Dibutuhkan Menuju Era Industri 4.0
Talenta Digital Dibutuhkan Menuju Era Industri 4.0

Memasuki era Industri 4.0, negara-negara di dunia berlomba menggenjot industri

digital sebagai salah satu industri berprospek cerah penyumbang perekonomian negara.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustrian, melihat optimisme terhadap prospek industri digital nasional yang mulai tahun 2019, diproyeksikan tumbuh di atas 11 persen per tahun, berkat jaringan internet yang akan terhubung ke seluruh wilayah di Indonesia.

Namun, ketika industri sudah siap dan ekosistem sudah mulai terbentuk menurut Gogot Suharwoto,

Kapustekkom Kemendikbud dalam salah satu diskusi panel bertajuk Digital Education Challenges, menyebutkan tantangan lain bagi langkah Indonesia dalam menjadi negara ekonomi digital terbesar adalah talenta digital itu sendiri.

” Skor indeks Indonesia masih rendah, kesiapan digital Indonesia memang masih berada di bawah negara-negara di Eropa dan Timur Tengah, tetapi, potensi yang dimiliki Indonesia dikatakan sangat besar, terutama jika dilihat dari sisi demografi dan pertumbuhan ekonomi, ujar Gogot, disela-sela acara Telkom Digisummit 2019, di Jakarta (11/04/19).

Dia menuturkan, untuk itulah talenta guna memenuhi kebutuhan bagi Industri 4.0

sudah dipikirkan sejak saat ini. Hal ini penting untuk memupuk minat generasi muda dalam mengembangkan ide-ide kreatifnya,

“Dalam rangka mengantisipasi perubahan lifestyle yang makin mengarah ke digital, tentu juga diperlukan talent yang punya keahlian mumpuni. Inilah mengapa, edukasi juga penting untuk menemukan talenta-talenta muda,”ujar Gogot.

Menurut dia, hal itu untuk mendorong industri digital entertainment agar bisa bersaing dengan pemain global khususnya di pasar Indonesia.

 

Sumber :

https://mvagusta.co.id/cool-goal-apk/