43 Guru Digembleng Soal Delapan SNP

43 Guru Digembleng Soal Delapan SNP

43 Guru Digembleng Soal Delapan SNP
43 Guru Digembleng Soal Delapan SNP

43 guru dari sejumlah SMP di Kota Bogor, melakukan study lapangan ke SMPN 6,

di Jalan DR. Semeru, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat. Para tenaga pendidik ini pun menjadi peserta workshop Standar Nasional Pendidikan (SNP) gelombang ke III. Hal ini dilakukan demi mendapatkan identifikasi pemenuhan 8 SNP.

Pimpinan rombongan yang juga Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMP Dinas Pendidikan

(Disdik) Kota Bogor, Yosep Berliana saat ditemui Metropolitan menjelaskan, kegiatan study lapangan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada peserta workshop tentang 8 SNP, dan
menggali informasi secara langsung terkait pengelonaan 8 SNP di sekolah yang dianggap sudah hampir memenuhi SNP.

“Study lapangan ini juga merupakan salah satu tolak ukur dalam peningkatan managemen mutu pendidikan, khususnya di sekolah masing-masing peserta,” ujar Yosep.

Ia mengaku, tidak ingin para peserta yang mengikuti kegiatan ini hanya tahu teori saja, tapi mereka pun diajak untuk melihat secara nyata tentang 8 SNP di sekolah tersebut.

“Kami juga tidak mau, para guru hanya tahu di kelas saja. Mereka harus mengetahui tata kelola

dokumen-dokumen sekolah,” bebernya.

Untuk itu, tambah Yosep, selepas kegiatan ini para peserta dapat mengidentifikasi pemenuhan 8 SNP, menyusun program peningkatan mutu sekolah, serta dapat melakukan penilaian dan evaluasi diri tentang pemenuhan 8 SNP.

“Jadi dalam mengikuti workshop pemenuhan 8 SNP selama tiga hari ini, para peserta kita bimbing tentang tata cara pemenuhan 8 SNP,”pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.evernote.com/shard/s390/sh/2eefe180-e729-4c7f-8400-37ff03174f1c/2118b646baac4758eb8056f5dab30243