Cara Mengatasi Anak Suka Melawan

Cara Mengatasi Anak Suka Melawan

Di samping pengaruh lingkungan luar, televisi dan teknologi yang semakin berkembang bebas pun menjadi penyebab anak suka melawan. Acara televisi yang semakin tidak mendidik, diperbanyak dengan kehadiran ponsel pintar, disinyalir menciptakan anak semakin gampang menyerap informasi, khususnya informasi negatif. Apakah Bunda pun mengalaminya? Jika iya, Bunda dapat mengatasinya dengan cara-cara berikut:

Menasihati Si Kecil dengan Lembut

Cara ini tentu menjadi yang sangat kesatu dilaksanakan Bunda dan Ayah untuk menanggulangi anak suka melawan. Dalam menasihati si kecil, usahakan Bunda dan Ayah tunggu sampai kondisi emosi dan hati si kecil membaik, supaya tidak merangsang terjadinya pembangkangan. Gunakan tutur kata yang lembut dan mendinginkan ya, Bunda, sebab memarahi si kecil yang suka melawan tidak bakal membuatnya jera dan berubah.

Hindari Kontak Fisik

Seringkali, orang tua menegur si kecil yang suka melawan dengan mengerjakan kontak jasmani seperti memukul dengan tangan atau yang lebih parah, dengan benda laksana sapu lidi atau kemoceng. Padahal, teknik ini malah akan menciptakan si kecil menjadi kasar nantinya. Bukan melulu kasar untuk Ayah dan Bunda, dapat jadi si kecil pun akan menjadi enteng tangan terhadap orang-orang yang terdapat di sekelilingnya.

Ajak Si Kecil Berkomunikasi

Salah satu penyebab anak suka melawan yang tidak jarang dijumpai ialah karena adanya miskomunikasi antara orang tua dan anak. Bagi menghindarinya, ajaklah si kecil berkomunikasi masing-masing saat. Dengarkan dengan sarat perhatian masing-masing keluhannya dan apa saja yang menjadi keinginannya. Dengan demikian, Ayah dan Bunda akan dapat lebih mengetahui karakter si kecil dengan baik.

Bersikap Tegas

Terkadang, Ayah dan Bunda butuh bersikap tegas dalam menghadapi anak yang suka melawan dan membantah. Bukan berarti Ayah dan Bunda kemudian menjadi galak ya. Tegas di sini ialah memutuskan dengan arif dan konsisten, apa yang boleh dan jangan untuk si kecil. Di samping untuk menanggulangi anak suka melawan, sikap tegas ini juga bermanfaat untuk menangkal si kecil menjadi manja dan suka merajuk.

Sediakan Waktu guna Si Kecil

Bisa jadi, si kecil yang suka melawan bukan diakibatkan karena keinginannya yang tak terpenuhi, melainkan sebab Ayah dan Bunda tidak mempunyai waktu yang lumayan untuk dikuras dengan sang buah hati. Apalagi andai Ayah dan Bunda adalahorang tua yang sibuk bekerja. Tidak terdapat salahnya mengambil libur untuk berlibur dengan si kecil kok, sebab dengan begitu, si kecil bakal merasa diacuhkan dan tidak diabaikan.

Salah satu teknik paling gampang untuk menghindarkan anak dari bahaya informasi negatif ialah dengan memberi batas acara televisi yang ditontonnya pun pemakaian ponsel pintar. Sebaiknya, dampingi si kecil masing-masing kali ia tengah menonton televisi, supaya Bunda dapat memilah acara apa saja yang boleh dan jangan ditonton.

Sumber : http://topdj.ua/away/?uri=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id