Batas – batas dalam memberantas kekerasan

Batas – batas dalam memberantas kekerasan

Batas – batas dalam memberantas kekerasan
Batas – batas dalam memberantas kekerasan

Batas – batas dalam memberantas kekerasan
Kekerasan tidak pernah diberantas secara seutuhnya, meskipun politik adalah usaha untuk memberantas penggunaan kekerasan, ia tidak pernah berhasil seluruhya, kekerasan senantiasa ada, bahkan di dalam masyarakat yang paling beradab, paling baik diorganisir, dan paling demokratis.

Pada tempat pertama, ada sejumlah residu kekerasan; beberapa individu yang terisolir, sebuah kelompok minoritas, dan beberapa unsur fanatik akan terpaksa menggunakan tinju, kayu pentung, bahkan bom dan revolver. Dan ada sejumlah kekerasan laten di dalam masyarakat pada umumnya: kelas – kelas, kelompok, dan individu – individu.
Kekuasaan (negara itu sendiri) berdiri di atas kekerasan. Kekuasaan mempergunakan kekerasan untuk menghindari kekerasan lebih besar; kekerasan yang legal adalah jalan untuk menahan kekerasan. Akan tetapi prakteknya tidak senantiasa sesuai dengan teorinya. Dalam negara, kekuasaan pada umunya sebagai cara paksaan kolektif yang di pakai oleh kelas yang dominan untuk menjamin eksploitasinya terhadap kelas – kelas yang berada di bawahnya, politik bukanlah memberantasi kekerasan, akan tetapi monopolisasi, dan organisasi.

Sentralisasi, monopolisasi, dan organisasi menghasilkan pengurangan penggunaan kekerasan. Lenin dalam The State and Revolution; “Negara adalah organisme untuk dominasi kelas – kelas, organisme bagi penindakan satu kelas oleh kelas lain; dia adalah pencipta suatau “tatanan” yang lain; dia adalah penciptaan suatu “tatanan” yang melegalisir dan menguatkan penindasan ini dengan pengendalian konflik kelas. “mengendalikan konflik” Friedrich Engels, yang dalam The origin of the Family, Private Property, and State. Bagi kaum Marxis munculnya negara dan kekuasaan yang terorganisir memperkuat penindasan dari satu kelas sosial oleh yag lain, dengan melembagakannya, mengaturnya, dan membuatnya resmi

Sumber : https://icanhasmotivation.com/