Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Pikiran Mudah

Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Pikiran Mudah

Demi Kesehatan Mental, Yuk Jaga dengan 5 Cara Mudah Ini! Memang kedengarannya sepele. Namun, kesehatan mental baru-baru ini dikabarkan menjadi hal krusial yang sering dibahas.

Beberapa public figure di Indonesia juga pun sering kali menyinggung soal bahayanya mental illness. Bahkan, salah satu dari mereka sempat terpikir untuk bunuh diri.

Mengingat betapa bahayanya mental illness untuk hidup manusia. Ternyata ada lho solusi yang dapat menambah kesehatan mental. Nah, seperti apakah solusi-solusi tersebut?

Seringlah Tertawa
Tertawa dikala kamu menghadapi masalah mungkin agak sulit dilakukan. Namun, sebanyak penelitian menunjukkan bahwa ketika kita tertawa, pikiran kita akan melepaskan zat dopamine yang berfungsi sebagai peningkat rasa bahagia, senang, dan rasa percaya diri.

Bernyanyi
Bernyanyi juga jadi di antara pilihan anti-depresan yang bisa kita lakukan lho. Dengan kamu bernyanyi, pikiran akan menghasilkan hormon endorfin yang peningkat rasa bahagia, mengurangi hormon stress (kortisol) dan ketegangan otot.

Menari
Anda suka menari? Jika ya, coba yuk menggarap gerakan tari setiap harinya. Penelitian dari Swedia menyebutkan bahwa anak-anak yang mengekor ruang belajar tari menikmati peningkatan kesehatan mental dibanding dengan yang tidak mengekor ruang belajar tersebut.

Perbanyak Bersyukur
Tuhan akan selalu memberikan kita yang terbaik dan menjauhi hal buruk yang mungkin akan terjadi di kehidupan kamu nantinya. Dengan bersyukur, secara tidak langsung kamu merasa bahagia akan ketetapan-Nya dan rasa depresi tentu akan menghilang.

Travelling
Enggak dipungkiri bahwa travelling memang solusi yang sangat tidak sedikit digemari oleh semua orang. Baik tua maupun muda, sama-sama suka dengan keindahan. Apalagi bila itu terkaitdengan tempat-tempat yang indah.

Baca Juga :