Wagub Sumut Harapkan Kelulusan Ujian Nasional 100%

Wagub Sumut Harapkan Kelulusan Ujian Nasional 100%

Wagub Sumut Harapkan Kelulusan Ujian Nasional 100%
Wagub Sumut Harapkan Kelulusan Ujian Nasional 100%

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah, mengharapkan,

pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMK 2019 di Sumut, dapat berjalan dengan lancar.

“Kita harapkan para peserta UN 2019 ini berhasil dengan kelulusan 100 persen,” kata Musa saat meninjau pelaksanaan UN Hari pertama di SMK Negeri 10 Jalan Cik Ditiro, Medan, Senin (25/3/2019).

Menurut Musa, pelaksanaan UN berbasis komputer ini harus dicermati, mengisi isian sesuai aturan cara mengisi berbasis komputer.

Pria yang akrab disapa Ijeck menyampaikan, meski kelulusan merupakan wewenang sekolah, namun pada pelaksanaan UN ini tidak ada lagi peran guru karena ini terpusat di server kementrian.

Bahkan, lanjut Ijeck,  tidak ada lagi peran sekolah maupun Dinas Provinsi.

Hasil UN nantinya akan digunakan untuk pemetaan kualitas pendidikan secara nasional.

Menurut Musa, UN berbasis komputer di Sumut sudah mencapai 97 persen. Namun, untuk ke depannya masalah ini dapat dituntaskan 100 persen.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumut, Arsyad Lubis, menjelaskan, untuk SMK diikuti 965 SMK terdiri dari 249 SMK Negeri, 691 SMK Swasta.

Sementara itu, UNKP diikuti 25 sekolah dengan rincian sekolah negeri 15,

dan swasta 10 dengan jumlah peserta 663. Jadi total peserta sebanyak 90.226 siswa.

“Dengan UN ini kita harapkan dapat memetakan mutu pendidikan dan dari UN ini dapat kita lihat apa saja mutu pendidikan di Sumut yang akan ditingkatkan,” kata Arsyad.

Ketua Panitia UN Provinsi Sumut, August Sinaga, menambahkan, pelaksanaan UN berjalan aman, tertib dan lancar tanpa adanya kecurangan.

“Kalaupun ada pemadaman listrik, kami harapkan dapat diatasi pihak penyelenggara UN khususnya pada pelaksanaan UNBK dengan menyediakan mesin genset,” kata August.

 

Baca Juga :