PPDB SMA/SMK Sempat Bermasalah

PPDB SMA/SMK Sempat Bermasalah

PPDB SMA SMK Sempat Bermasalah
PPDB SMA SMK Sempat Bermasalah

Proses pendaftaran penerima peserta didik baru (PPDB) jalur non akademik untuk tingkat SMA/SMK

dan atau sederajat Tahun Akademik 2017/2018 yang dilakukan secara online sempat bermasalah. Bahkan situs ppdb.jabar.go.id pun tidak bisa diakses.

Namun demikian, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menjamin masalah tersebut telah diantipasi dan diselesaikan. Sehingga para pendaftarpun bisa kembali mengakse website tersebut.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengakui adanya masalah tersebut.

Terlebih pihaknya telah mendapat laporan dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadidi terkait permasalahan yang terjadi.

“Memang proses pendaftaran PPDB sempat ada gangguan pada Selasa (6/6) kemarin. Tapi sekarang sudah diperbaiki dan dipastikan aman,” jelas Deddy, Kamis (8/6).

Diungkapkannya, permasalahan tersebut diakibatkan karena tingginya trafik yang mengakses website ppdb.jabar.go.id. Sehingga hal tersebut pun membuat memori server menjadi terganggu.

“Salah satu penyebabnya itu dikarena pendaftaran mengupload dokumen yang berlebihan

. Padahal yang kita butuhkan dan menjadi persyaratan pendaftaran hanya 3 dokumen yaitu kartu keluarga, surat keterangan kelulusan dan surat pernyataan pendaftaran,” katanya.

Dalam hal itu, lanjutnya, banyak pendaftar yang mengupload dokumen tidak sesuai dengan persyaratan. Seperti halnya foto foto dan sertifikat prestasi.

“Kalau sertifikat prestasi itu nanti saja kalau pendaftaran ulang. Oleh karena itu kita himbau supaya pendaftar hanya melampirkan 3 dokumen yang dibutuhkan saja,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, permasalahan tersebut sudah diantisipasi. Sehingga pihaknya menjamin proses pendaftaran PPDB jalur non akademi bisa berjalan dengan baik. Apalagi pihaknya telah melakukan perbaikan dan langkah langkah.

“Kita pastikan prosesnya aman, apalagi sekarang ini kita lakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Dari yang biasanya hanya dibuka sampai jam 16.00 wib, mulai sekarang jadi sampai jam 22.00 wib. Bahkan pada hari terakhir yaitu Sabtu nanti itu dibuka sampai pukul 24.00 wib,” tandasnya.

 

Baca Juga :