Berdirinya Budi Utomo

Table of Contents

Berdirinya Budi Utomo

Pada dasarnya politik etis di bidang pendidikan adalah strategi berasal dari pemerintah Belanda untuk mencukupi tuntutan kaum humanis Belanda, bagi bangsa Indonesia, hal ini membangkitkan kaum terdidik pribumi pribumi. Kaum inilah yang menjadikan adanya pembaruan didalam mewujudkan cita-cita kebangsaan yang direalisasikan lewat wujud pergerakan modern yang disebut sebagai pergerakan nasional. Kaum atau tokoh intelektual menjadi pelopor kebangkitan nasional.

Tokoh-tokoh intelektual menjadi membentuk organisasi, salah satu organisasi yang berdiri terhadap selagi itu adalah Budi Utomo. Organisasi itu digagas oleh Dr. Wahidin Soedirohusodo, menurutnya salah satu cara untuk membebaskan berasal dari penjajahan, rakyat mesti menjadi cerdas. Dr. Wahidin Soedihusodo menggagas berkenaan perlunya mendirikan organisasi yang memiliki tujuan memajukan pendidikan dan meninggalkan martabat bangsa. Gagasan selanjutnya seterusnya menarik perhatian seorang siswa STOVIA bernama Sutomo. Akhirnya Sutomo dan beberapa siswa STOVIA mendirikan sebuah organisasi, yaitu ‘Budi Utomo’ terhadap 20-05-1908.

Pada 5 Okt 1908, Budi Utomo mengadakan kongres yang pertama di Yogyakarta dengan keputusan sbb;
Tidak mengadakan kesibukan politik
Bidang utama adalah pendidikan dan kebudayaan
Terbatas wilayah Jawa dan Madura
Mengangkat R.T. Tirtokusumo yang menjabat sebagai Bupati Karanganyar sebagai ketua.
Kemudian Budi Utomo mendapat perlindungan berasal dari kalangan cendekiawan Jawa maka para pelajar memberi kesempatan kepada golongan tua untuk memegang peran yang lebih besar. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya golongan tua sebagai pengurus. Sebagai ketua Pengurus Besar yang pertama terpilih R.T Tirtokusumo. Pengurus hasil kongres pertama merupakan dewan pimpinan yang didominasi para pejabat generasi tua. https://www.biologi.co.id/6-ciri-ciri-makhluk-hidup/

Selanjutnya ‘Budi Utomo’ menentukan tujuannya, yaitu kedudukan penduduk Jawa, Sunda, Madura dan penduduk Hindia semuanya tanpa lihat keturunan, kelamin dan agama. Dari tujuan itu, secara tersirat, Budi Utomo punyai program mengembangkan kerhormatan bangsa. Bangsa yang terhormat adalah bangsa yang punyai derajat yang mirip dengan bangsa lain. Pergerakan Budi Utomo memperlihatkan permohonan bangsa Indonesia untuk bangkit menjadi bangsa terhormat dan dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain. Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang memperjuangkan cita-cita nasional. Walaupun kesibukan Budi Utomo lebih berwujud sosial budaya, tapi kelahiran Budi Utomo merupakan pelopor pergerakan nasional Indonesia pertama, agar terhadap 20 Mei ditetapkan sebagai hari kebangkitan nasional Indonesia. Secara politik dapat dikatakan Budi Utomo kurang begitu pentingnya akan tapi pergerakan inilah yang menyebar lebih semangat nasionalisme untuk yang pertama.

Baca Juga :