Review Realme U1, Ponsel Terjangkau yang Anggun

Review Realme U1, Ponsel Terjangkau yang Anggun

Review Realme U1, Ponsel Terjangkau yang Anggun
Review Realme U1, Ponsel Terjangkau yang Anggun

Simak kelebihan dan kekurangan

serta spesifikasi dan harga Realme U1. Smartphone pertama dengan Helio P70 dan kamera selfie tangguh!

Kelebihan dan Kekurangan Realme U1 – Realme, yang sebelumnya sub-brand Oppo, menutup tahun 2018 dengan meluncurkan handphone teranyar mereka bernama Realme U1 di Indonesia.

Smartphone Android kelas menengah dengan harga terjangkau ini mewakili tagline Realme, yakni “Proud To Be Young,” dengan desain light pillar pada bagian belakang yang terkesan premium dan cocok untuk anak muda.

Kemunculan Realme U1 menambah deretan ponsel terjangkau dengan spesifikasi yang dapat dibilang memuaskan. Penasaran dengan smartphone ini?

Yuk, disimak ulasan mengenai kelebihan, kekurangan, beserta spesifikasi dan harga Realme U1 di bawah ini!

Kelebihan Realme U1

1. Pertama dengan Helio P70
kelebihan realme u1
Sumber Gambar: MediaTek
Realme U1 berhasil menarik perhatian dengan penggunaan prosesor baru milik MediaTek, yakni Helio P70. Bahkan, ia jadi yang pertama menggunakannya di dunia.

Prosesor Helio P70 ini merupakan pesaing dari Qualcomm Snapdragon 660. Selain itu, prosesor ini sudah menggunakan fabrikasi 12 nanometer (nm) yang memungkinkan untuk menghemat daya hingga 15%.

Helio P70 memiliki empat inti CPU Cortex A-73 dengan clockspeed 2,1 GHz, dan empat inti CPU Cortex A-53 dengan kecepatan 2 Ghz. Terlebih lagi, pengolahan grafis dari Helio P70 adalah Mali versi G-72 MP3.

2. Desain Anggun dan Bezel Super Tipis
kelebihan realme u1
Sumber Gambar: Times Now
Kalau kamu sedang mencari smartphone dengan tampilan kekinian, Realme U1 adalah pilihan yang cukup tepat. Realme U1 menggunakan desain dew drop yang membuat rasio antara layar dan bodi mencapai 90,8% dengan layar sebesar 6,3 inci.

Selain itu, layar U1 memiliki rasio 19.5:9 dengan resolusi FHD+ 2.340 x 1080 piksel, sehingga layar ini memiliki kepadatan hingga 490 piksel per inci (ppi).

3. Kamera Depan 25 MP
kekurangan realme u1
Sumber Gambar: India Today
Smartphone ini pun sangat cocok untuk kamu yang narsis dan suka berswafoto dengan teman-teman. Bagaimana tidak, Realme U1 memiliki kamera depan beresolusi tinggi, yakni 25 MP.

Walaupun kamu berfoto di tempat yang minim cahaya, hasil gambar yang dihasilkan masih bagus. Selain itu, kamera dari Realme U1 juga sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dapat mendeteksi 296 titik.

4. Mendukung Fast Charging
kekurangan realme u1
Sumber Gambar: Smartprix
Fitur yang penting dari smartphone zaman sekarang adalah fast charging. Dan, beruntung lah kamu yang mengingikan smartphone ini, karena Realme U1 sudah dilengkapi fitur tersebut.

Baterai dari Realme U1 pun memiliki kapasitas 3.500 mAh. Dengan chipset hemat daya, ia akan mampu bertahan dalam penggunaan normal seharian penuh.

5. ColorOS Terbaru yang Kaya Fitur
spesifikasi dan harga realme u1
Sumber Gambar: Livemint
Kelebihan lainnya yang dimiliki Realme U1 adalah penggunaan ColorOS 5.2. Keuntungan pertama yang kamu dapatkan adalah sidebars yang untuk penggunaan multitasking.

Kemudian ada clone phone yang memudahkan kamu memindahkan data jika kamu membeli perangkat baru. Dan, kamu ada juga easy screenshot, kamu hanya perlu menarik tiga jarimu kebawah layar untuk melakukan screenshot.

Kekurangan Realme U1

6. Tanpa Didukung NFC
Sayang sekali, dibalik segala kemewahannya, Realme U1 tidak memiliki fitur Near Field Communications (NFC). Padahal NFC akan memudahkan kamu dalam melakukan kegiatan digital, seperti transaksi digital atau melakukan pertukaran data dengan smartphone lain.

7. Bodi Plastik
Jika dilihat, Realme U1 ini memiliki desain yang cukup cantik dan menarik. Bagian belakang dari smartphone ini sangat menarik, karena terkesan seperti kaca.

Namun, sebenarnya bagian itu hanya berbahan polikarbonat (plastik). Ada baiknya kamu menggunakan case agar U1 milikmu tidak baret atau terkelupas warnanya.

8. Kamera Belakang Biasa
Jika kita lihat ke belakang, Realme sempat mengeluarkan Realme 2 Pro dengan kamera 16 MP. Sayang sekali kamera di Realme U1 harus downgrade ke 13 MP saja.

Kamera belakang dari Realme U1 ini kebanting dengan kamera depannya yang memiliki 25 MP. Mungkin U1 memang lebih mementingkan kamera depannya saja.

9. Tingkat Keterangan Layar
Jangan berharap banyak dari layar Realme U1 ini. Keterangan layar menjadi salah satu kelemahan yang dimilikinya. Jika kamu menaikan level keterangan layar pun, layar keterangannya tetap tidak maksimal.

Untuk penggunaan di dalam ruangan mungkin akan baik-baik saja, namun dibawah sinar Matahari, jangan berharap banyak dari layar ponsel ini.

10. Audio Jack Kurang Maksimal
Walaupun kualitas dari speaker Realme U1 cukup bagus, namun ketika kamu ingin mendengarkan lagu menggunakan headphone atau headset, kualitas suara yang dikeluarkan biasa saja, dan kerasnya suara di bawah standard.

Sumber : https://merekbagus.co.id/