​Lagi-lagi DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 201

​Lagi-lagi DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 201

​Lagi-lagi DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 201
​Lagi-lagi DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 201

 

Kemendikbud — Provinsi DKI Jakarta menjadi juara umum dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, dan Yogyakarta. Dalam kompetisi ini Provinsi meraih 21 medali emas, 24 medali perak, dan 25 medali perunggu dari 11 bidang lomba mulai jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Ini kali ketiga berturut-turut DKI Jakarta sebagai juara umum OSN

dan tetap mempertahankan tropi sains bergengsi itu. Tahun lalu DKI Jakarta mampu memperoleh 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu dalam ajang yang sama di Kota Padang, Sumatra Barat.

Peringkat kedua OSN 2019 diraih oleh Provinsi Jawa Barat dengan raihan 11 medali emas, 19 medali perak, dan 21 medali perunggu. Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Provinsi Banten dengan perolehan 10 medali emas, 14 medali perak, dan 23 medali perunggu. Ajang sains bergengsi tingkat nasional kali ini diikuti oleh 1.353 peserta dari seluruh Indonesia mulai jenjang SD, SMP, dan SMA.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan, euforia juara OSN 2019 ini harus dirasakan oleh semua peserta, tak hanya yang meraih medali saja. Para peserta OSN 2019, kata dia, merupakan juara-juara daerah yang mewakili daerahnya masing-masing dan telah melalui proses seleksi yang ketat mulai tingkat kabupaten/kota hingga provinsi.

“Saya yakin kalian semua (peserta OSN 2019,-) akan memenuhi tanggung jawab

memajukan negara khususnya di bidang sains,” ujar Mendikbud Muhadjir saat memberikan sambutan pada acara Penutupan OSN 2019 di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).

Mendikbud Muhadjir mengungkapkan, tidak ada negara maju satu pun di dunia ini yang tidak didukung oleh sains, begitu juga dengan saintis-saintis handal yang dimiliki negara maju itu. “Masa depan Anda (peserta OSN 2019,-) ditentukan oleh kerja keras Anda,” tutur mantan rektor Universitas Muhamaadiyah Malang itu.

Senada hal itu, Sekretaris Derah Provinsi Sulawes Utara, Edwin Silangen

mengatakan, para juara OSN 2019 kali ini telah mengukir prestasi bagi daerahnya di Sulawesi Utara dan Yogyakarta. Ke depan, mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional dan diharapkan mampu mengukir prestasi bagi tanah air Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada pemerintah daerah Sulawesi Utara dan Yogyakarta yang telah menyelenggarakan OSN ke-18 kali ini dengan baik. Tahun depan OSN akan diselenggarakan di Bangka Belitung. (Agi Bahari)

 

Baca Juga :