Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian
Metodologi Penelitian

 

Pengertian metodologi penelitian menurut Hidayat dan Sedarmayanti (2002 : 25)

adalah pembahasan mengenai konsep teoritik berbagai metode, kelebihan dan kekurangan, yang dalam karya ilmiah dilanjutkan dengan pemilihan metode yang digunakan. Pengetian metodologi adalah “pengkajian terhadap langkah-langkah dalam menggunakan sebuah metode”. Sedangkan pengertian metode penelitian adalah mengemukakan secara teknis tentang metode-metode yang digunakan dalam penelitiannya. Metodologi adalah metode ilmiah yaitu langkah-langkah yang sistematis untuk memperoleh ilmu, sedangkan metode adalah prosedur atau cara mengetahui sesuatu dengan langkah-langkah sistematis tersebut.

Langkah-langkah sistematis yang dimaksud adalah :

  • Mengidentifikasi dan merumuskan masalah.
  • Menyusun kerangka berfikir.
  • Merumuskan hipotesis.
  • Melakukan pembahasan.
  • Membuat kesimpulan dan saran.

Sedangkan metodologi penelitian yang didefinisikan Teguh (1999 : 9)

adalah “ilmu atau studi yang berhubungan dengan penelitian, sedangkan penelitian (research) menunjukkan kegiatan pelaksanaan dari metodologi penelitian. Pelajaran yang memperbincangkan metode-metode ilmiah untuk research tersebut disebut Metodologi Penelitian. Penelitian merupakan penyaluran hasrat ingin tahu (curiousity) manusia dalam taraf keilmuan”.
Selanjutnaya metodologi penelitian menurut Hillway (1956 : 5) adalah “a method of study by which, through the careful and exchausative of all ascertainable evidance bearing upon a definable problem, we reach a solution to the problem”.

Metodologi Penelitian adalah

ilmu tentang metode, dan bilamana dirangkai menjadi Metodologi Penelitian, maknanya adalah ilmu tentang metode yang dapat dipergunakan dalam melakukan kegiatan penelitian. Metodologi Penelitian juga dapat diartikan sebagai ilmu untuk mengungkapkan dan menerangkan gejala-gejala alam dan gejala-gejala sosial dalam kehidupan manusia, dengan mempergunakan prosedur kerja yang sistematis, terartur, tertib dan dapat dipergunakan secara ilmiah (Nawawi, 1994 : 8).
Pendapat Soehardjo (2003 : 32) metodologi adalah bagian dari estimologi (sub-field of estimology), disebut sebagai ilmu untuk menemukan (the science to find out). Sedangkan metode adalah cara untuk menemukan atau cara berbuat.