Peningkatan Mutu Pendidikan Guru Melalui Penerapan Standar

Peningkatan Mutu Pendidikan Guru Melalui Penerapan Standar

Perencanaan dan implementasi program pendidikan guru di negara Indonesia bisa dikembangkan bersama dengan memakai standar NEA sebagai acuan. Hampir semua butir standar bisa ditetapkan, walaupun untuk butir-butir tertentu membutuhkan lebih dari satu penyesuaian, atau penerapannya secara berangsur-angsur. Peningkatan kualitas pendidikan guru melalui penerapan standar, membutuhkan lebih dari satu hal sbb:

Perlu ada kesamaan pandangan berasal dari bermacam pihak yang berkepentingan dan terlibat di dalam pertumbuhan pendidikan guru, mengenai program dan standar program pendidikan guru. Adanya perbedaan pandangan yang jauh, selain akan menghindar kelancaran pengembangan program juga justru menghindar pencapaian program yang bermutu.
Perlu ada kesiapan terutama berasal dari para pengelola dan pelaksana program. Dosen instansi pendidikan guru dan guru pamong jadi barisan terdepan di dalam pembinaan profesi guru. Mereka wajib jadi ekspert dan sekaligus perumpamaan tipe bagi para siswa pendidikan guru. Beberapa butir di dalam standar tekankan hal itu. Sudah siap dan akan siapkah para dosen dan guru-guru di lapangan untuk jadi ekspert dan tipe guru yang didambakan? Apakah yang wajib dilakukan terutama dahulu sehingga mereka sungguh-sungguh siap? Guru profesional bukan cuma sadar banyak namun juga bisa banyak.
Guru-guru yang dihasilkan berasal dari instansi pendidikan guru, wajib sungguh-sungguh bisa mengajar serta pengalaman-pengalaman praktik yang cukup bisa tersalurkan. Untuk itu diperlukan pengalaman praktik yang representatif yang terlalu mungkin para siswa calon guru, belajar, berlatih dan berbuat banyak. Ini menyangkut tersedianya tempat praktik representatif bersama dengan sarana dan peralatan praktik yang memadai.
Perkembangan program pendidikan guru yang bermutu standar membutuhkan kepedulian, impuls dan dedikasi yang tinggi berasal dari para pelaksananya. Upaya apa yang wajib dilakukan sehingga tercipta situasi tersebut, harusnya suatu pekerjaan dilakukan bersama dengan sungguh-sungguh dan penuuh semangat, serta dilakukan bersama dengan rasa enjoy bersama dengan pekerjaan tersebut.

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/

Baca Juga :