BIOGRAFI dan AUTOBIOGRAFI

BIOGRAFI dan AUTOBIOGRAFI

BIOGRAFI dan AUTOBIOGRAFI
BIOGRAFI dan AUTOBIOGRAFI

PENGERTIAN BIOGRAFI

Pernahkah kamu membaca riwayat perjuangan seorang tokoh terkenal, misalnya riwayat perjuangan Jenderal Soedirman? Beragam tanggapan yang dapat kita ungkapkan setelah membaca riwayat perjuangan tokoh tersebut.
Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Atau dalam arti lain biografi adalah hasil tulisan seseorang mengenai seorang riwayat hidup tokoh tersebut yang ditulis orang lain.

Ciri khusus biografi

1. Penulisan biografi dilakukan oleh orang lain, bukan ditulis oleh subjek yang diceritakan.
2. Sebuah karya biografi bisa juga menceritakan orang yang sudah meningga maupun yang masih hidup.
3. Penulisan biografi tentang orang yang sudah meninggal bisa dilakukan karena penulisnya merupakan orang lain.
4. Informasi – informasi yang di gunakan oleh seorang penulis biografi adalah fakta – fakta tentang orang yang dibiografikan. Informasi ini dapat di peroleh dari artikel, surat kabar, majalah, dsb.
5. Biografi juga memiliki struktur badan yang padat.

Struktur teks biografi

Biografi biasanya ditulis secara kronologis dan memiliki struktur teks yang tersusun, yaitu:
1. Orientasi : pengenalan umum tentang tokoh, seperti identitas umum tokoh tersebut, contohnya nama, tempat dan tanggal lahir, kemudian pekerjaan dan sebagainya.
2. Problem : menceritakan masalah si tokoh selama hidup atau hal – hal yang sudah dilewati oleh si tokoh hingga saat ini, contohnya yaitu pretasi yang di capai, kasus – kasus, dan lain sebagainya.
3. Resolusi: resolusi berisi cara si tokoh melalui masala tersebut. Dalam resolusi biasanya si penulis juga menuliskan sudut pandangnya terhadap tokoh yang di tuliskanya.
Mengapa dibuat biografi? Ada beberapa alasan mengapa seseorang itu layak dibuatkan biografinya.
1. Seseorang itu adalah tokoh terkenal.
2. Berjasa bagi kehidupan manusia.
3. Hidupnya dapat menjadi contoh dan teladan masyarakat.
4. Perjuangannya merupakan motivasi orang lain untuk mengikuti jejaknya.
5. Mempunyai karya yang monumental dan layak dikenal.

Hal-hal yang ditulis dalam biografi antara lain :

1. Nama tokoh lengkap.
2. Nama panggilan atau julukan.
3. Tempat tanggal lahir/ riwayat kelahiran.
4. Riwayat pendidikan.
5. Riwayat perjuangan, pekerjaan, profesi.
6. Penghargaan yang telah diperoleh.
7. Kelebihan dan kekurangan tokoh.
8. Riwayat keluarga.

Tokoh yang akan ditulis biografinya bisa saja tokoh tersebut masih hidup. Misalnya biografi dari pelawak, presenter Tukul Arwana. Karena perjuangannya menaklukkan panggung hiburan tanah air, maka ia layak dibuatkan biografinya. Semangat dan perjuangan hidupnya yang berangkat dari orang desa atau istilah Tukul ‘Wong Ndeso’ mampu membuat seseorang untuk bangkit dan mencapai cita-citanya walau penuh rintangan.
Namun untuk membuat biografi tokoh yang masih hidup harus diperhatikan hal-hal berikut ini :
1. Bahasa dan gaya penulisan
Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang santun, bertanggung jawab, netral serta dengan gaya yang tidak berpihak. Apa yang ditemukan dan hasil penelusuran itulah yang ditulis. Gaya penulisan harus netral, sesuai dengan apa yang ada,menghindari unsur subjektifitas atau provokasi yang dapat melambungkan si tokoh, sehingga keakuratannya diragukan

2. Narasumber langsung atau terpercaya
Carilah sumber dan narasumber yang terpercaya sehingga keakuratan data dapat terjamin. Misalnya buku-buku referensi tokoh, artikel tentang tokoh.
3. Subjek menjadi Narasumber
Bila subjek menjadi narasumber lakukan pendekatan yang simpatik tanpa kesan menggurui dan usahakan kita ada waktu untuk mengikuti segala aktifitasnya selama waktu yang kita butuhkan, tanpa mengganggu aktifitasnya dan tidak ada kesan penguntitan subjek.
4. Menghormati privasi
Walaupun kita melakukan upaya untuk mengikuti aktifitas subjek, lakukan tanpa mengganggu privatisasi sehingga subjek merasa aman.Hal yang diminta untuk tidak ditulis usahakan hormati privasi subjek.
Contoh singkat biografi:
Artis tampan bernama lengkap Raffi Farid Ahmad atau yang di kenal dengan Raffi Ahmad ini lahir di Jakarta pada 17 Febuari 1987. Ia merupakan seorang anak dari pasangan Munawar Ahmad dan Ami Qanita. Kini ia telah memiliki istri bernama Nagita Slavina dan seorang anak tampan bernama Rafathar Malik Ahmad.

PENGERTIAN AUTOBIOGRAFI

Autobiografi sebenarnya hampir sama dengan biografi karena kontennya sama – sama menceritakan kisah hidup seseorang. Berbedaanya adalah apabila biografi ditulis oleh orang lain, maka autobiografi ditulis oleh tokoh itu sendiri, sehingga tokoh yang diceritakan jelas masih hidup saat autobiografi ditulis.
Sedangkan biografi tokoh yang diceritakan bisa hidup bisa juga sudah meninggal. Selain itu, jika dalam biografi kisah – kisah yang diceritakan berasal dari sumber- sumber yang tertulis, berbeda dengan autobiografi yang ditulis berdasarkan ingatan penulis atau tokoh itu sendiri, sehingga kebenaranya bisa jadi hanya diketahui oleh penulis itu sendiri.
Selanjutnya, autobiografi biasanya lebih menekankan pada kisah perjuangan si penulis selama hifup. Jika kita membaca biografi dan autobiografi, biasanya cerita di autobiografi lebih menyentuh karena diceritakan oleh tokoh itu sendiri.
Secara garis besar, bisa disimpulkan perbedaan biografi dan autobiografi berikut ini:
1. Data-data atau informasi yang terdapat pada sebuah biografi ini dituangkan oleh orang lain yang mengandalkan dokumen penting, memanfaatkan narasumber atau studi literatur yang mengungkapkan fakta-fakta atau peristiwa yang terjadi pada subjeknya. Sementara informasi dari biografi seorang tokoh ini akan memberikan motivasi, sejarah penting dan hikmah bagi para pembacanya. Subjek pada penulisan biografi ini lebih mengarah pada tokoh-tokoh terkenal dengan jasa-jasa dan pemikirannya.
2. Sementara autobiografi sendiri ditulis atau dituangkan oleh diri sendiri beserta pengarang lainnya sesuai dengan pengalaman yang dialami oleh tokoh tersebut dalam kehidupannya. Isinya berupa informasi tentang tahapan kehidupannya, mulai dari masa-masa sulit hingga puncak keberhasilannya.
Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan biografi dan autobiografi yang wajib kita ketahui!

Sumber : https://uberant.com/article/556675-chemical-periodic-table-system/