Sekilas Telaah Program dan Kebijakan Pendidikan Moral (1)

Sekilas Telaah Program dan Kebijakan Pendidikan Moral (1)

Sekilas telaah program dan kebijakan pendidikan ethical – Mulai kesempatan ini admin blog matra pendidikan bakal menyajikan topik pendidikan moral. Pembahasan kasus seputar pendidikan ethical bakal dimuat secara berseri. Tujuannya diinginkan supaya mampu mencukupi sasaran pembahasan untuk pengunjung matra pendidikan yang budiman.

Ada 3 seri bahasan pendidikan ethical yang bakal diturunkan membuat pengunjung, dengan susunan pembahasan sebagai berikut:

1.Sekilas telaah program dan kebijakan pendidikan moral
2.Memberdayakan jalur pendidikan moral
3.Strategi penerapan pendidikan moral

Mari kita merasa anggota pertama dengan telaah program dan kebijakan pendidikan ethical yang sudah dan tengah diterapkan di lingkungan sekolah.

Menyimak pertumbuhan tingkah laku anak hingga hari ini. Kita tetap prihatin dengan suasana ethical anak bangsa. Perilaku menyimpang, melanggar etika dan norma sopan santun tetap terbentang di hadapan kita. Seakan-akan mereka bangga dengan sikap dan tingkah laku menyimpang yang mereka lakukan.

Tingkah laku dan kelakuan mereka, seakan-akan perlihatkan mereka tidak dulu mendapat pendidikan budi pekerti. Padahal mereka lumayan pandai dan punyai kecakapan. Namun etika pergaulan sehari-hari makin mengkuatirkan orang tua dan masyarakat.

Adakah yang tidak cukup terhadap program dan kebijakan pendidikan ethical anak bangsa ini?

Jawabannya, tidak! Tidak tersedia yang kurang. Telaahlah program dan kebijakan pembinaan akhlak dan ethical anak. Begitu pula pembinaan sifat anak, sudah dicanangkan dan diterapkan sejak dulu.

Apakah semua program dan kebijakan berkenaan pendidikan ethical tetap sekedar teori dan pragmatis belaka? Atau, penerapan dari program dan kebijakan itu hanya lebih banyak terhadap taraf sosialisasi (pemasyarakatan) ketimbang penerapannya? Penerapan program dan kebijakn pendidikan ethical tetap separuh hati dan belum menjadi prioritas utama?

Coba tinjau kembali, dari jalur pendidikan PAUD, TK hingga jenjang pendidikan menengah atas. Tidak tersedia yang tidak cukup dengan program dan kebijakan kasus ethical anak. Semua tingkatan pendidikan punyai program bagus untuk mengembangkan akhlak dan budi pekerti anak.

Pengembangan akhlak dan budi pekerti di sekolah dijalankan melalui kegiatan intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler. Dengan cara ini diinginkan terbentuk sifat baik di kalangan peserta didik.

Program dan kebijakan pendidikan ethical dirasa sudah lumayan bagus. Lalu dimana letak dan akar permasalahannya? Insyaallah bakal dikemukakan terhadap artikel berikutnya. Nantikan pembahasannya terhadap artikel seterusnya di bawah judul, Memberdayakan Jalur Pendidikan Moral.

Sumber : https://www.lele.co.id/panduan-lengkap-7-cara-menanam-hidroponik-sederhana-di-pekarangan/