Hakikat Iduladha dan Kurban Menurut Wagub

Hakikat Iduladha dan Kurban Menurut Wagub

Hakikat Iduladha dan Kurban Menurut Wagub

BANDUNG

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, memaknai Hari Raya Iduladha, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah 1438 H/ 2017 kali ini, sebagai momentum untuk berbagi. Pun secara filosofis kata Deddy, menyembelih hewan kurban, bisa dimaknai menyembelih sifat-sifat hewani yang ada pada diri manusia. Sehingga, menurutnya Iduladha merupakan paket lengkap yang mencakup banyak aspek kehidupan mulai dari sipiritual, hingga aspek sosial.

“Karena itulah semangat berbagi tadi jadi sangat penting, disamping tentu saja ini perintah agama sesuai yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS,” ungkap Deddy Mizwar, saat ditemui usai melaksanakan Solat Iduladha yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat (01/09/2017).

Deddy Mizwar

Dengan latar belakang tersebut, kata Deddy, maka sudah selayaknya Iduladha mampu mencerminkan sosok umat muslim yang paripurna, yang mampu mewarnai kehidupan bangsa dengan segala amal dan akhlaknya.

Iduladha tentunya  juga merefleksikan Ibadah yang dilakukan secara fisik maupun pengetahuan, dan keduanya harus dilaksanakan bersamaan. Hal tersebut sesuai dengan cara kerja manusia dalam bekerja, yakni menggunakan fisik dan pikiran. Begitu pula berbagai amal saleh harus dikerjakan seiring dengan ikhalsnya hati.

Maka Deddy mengatakan Iduladha juga tantangan, sampai sejauh mana umat Islam mampu meningkatkan kualitas dirinya di berbagai aspek kehidupan. “Semua sedang berproses untuk jadi lebih baik tentunya. Kita lihat sekarang mulai bangkit anak- anak muda ramai-ramai ke mesjid. Kita lihat nanti Islam akan mewarnai kehidupan berbangsa bernegara ini,” katanya.

Provinsi Jawa Barat

Terkait pemotongan hewan kurban, panitia kurban Provinsi Jawa Barat,  menurut catatannya, berhasil mengumpulkan hewan kurban yang berasal dari sumbangan Gubernur Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat, serta para Pimpinan lainnya di Jawa Barat, kemudian BAZNAS, PNS lingkungan Jabar, yaitu sapi sebanyak 718 ekor, kemudian domba/ kambing 1.016 ekor, yang kemudian distribusikan ke seluruh pelosok Jawa Barat.

Kegiatan Shalat Ied

Kegiatan Shalat Ied berlangsung mulai pukul 06.00 WIB, diiringi udara yang sangat sejuk, dengan Khotib Prof.Dr.H.Afif Muhammad,MA. (Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati), dan Imam Shalat Kh. Aang Zaenal Arifin ZA (Imam Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat).

Selain itu, usai Shalat Id di Lapang Gasibu bersama ribuan warga Jawa Barat, Wagub Deddy Mizwar beserta rombongan kemudian bergegas memantau pemotongan hewan kurban di halaman belakang Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

Sember : https://symbiantweet.com/