Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja – Dalam dunia kerja, surat pengalaman kerja menjadi salah satu hal yang perlu bagi seseorang. Karena surat ini mampu menjadi salah satu nilai plus bagi kamu di dalam melamar sebuah pekerjaan. Surat pengalaman kerja sendiri adalah surat pernyataan resmi yang dibikin dan dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk diberikan kepada karyawan yang sudah mengundurkan diri atau tidak bekerja kembali pada perusahaan tersebut. Namun kudu diingat, sudah pengalaman kerja ini kebanyakan hanya dikeluarkan bagi karyawan yang mengundurkan diri secara baik-baik dan masih mempunyai pertalian yang baik pada perusahaan tersebut.

Oleh karena hal itu, kebanyakan surat ini berarti bahwa kamu merupakan salah satu pergawai yang baik selama era kerja di perusahaan yang lama. Surat ini kebanyakan dikeluarkan oleh bagian kepegawaian / personalia disebuah perusahaan tertentu, namun juga tidak menutup bisa saja segera dikeluarkan oleh direktur perusahaan.

Mengenai fungsinya, surat lamaran pekerjaan ini kebanyakan juga dilampirkan pada surat lamaran pekerjaan. Karena tidak sedikit perusahaan yang meminta surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Tujuannya tentu saja sehingga mereka mampu menentukan karyawan yang sangat memiliki kwalitas untuk perusahaan mereka. Surat pengalaman kerja sendiri mampu dikeluarkan bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari satu tahun.

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Berikut ini kami bakal memberi tambahan sebagian tips di dalam menyebabkan surat pengalaman kerja. Salah satu tipsnya adalah surat yang kamu buat atau lampirkan kudu mempunyai kandungan sebagian unsur seperti yang tersedia di bawah ini. Apa saja kira-kira? Mari liat ulasan lengkapnya.

Kepala Surat

Unsur yang pertama adalah Kepala Surat, di dalam kepala surat kudu dicantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, website dan e mail (apabila ada)

Nomor Surat

Unsur yang selanjutnya adalah nomor surat. Apabila mencantumkan nomor surat, pastikan surat tersebut dibikin di dalam pas dekat.

Pengesahan

Pengesahan adalah hal yang penting. Dalam surat ini diperlukan juga keterangan perihal orang yang mengesahkan surat pengalaman kerja tersebut yang meliputi, nama, jabatan dan alamat yang ditulis bersama benar dan tepat.

Isi surat

Yang selanjuntya adalah isikan surat. Isi surat merupakan keterangan perihal karyawan perihal yang juga meliputi nama, alamat, rentang pas ia bekerja serta pernyataan-pernyataan pendukung lainnya.

Tanda tangan dan stempel (jika ada)

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami berikan sebuah umpama surat pengalaman kerja.

PT. Berkah Lestari

Jl. Mataram No. 78 Jakarta

Website: www.berkahlestari.com, Telp: (021) 1234567, Faks: (021) 5678230

======================================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. : 15/HRD/V/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama      : Dina Mentari, S.H

Jabatan   : Direktur PT. Berkah Lestari

Alamat    : Jl. Mataram No. 78 Jakarta

Menerangkan bersama sebetulnya bahwa yang perihal di bawah ini:

Nama      : Jenita Cahya Ningrum, S.E

Alamat    : Jl. Dempo III No. 65 Jakarta

Benar sudah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin juga sejak 01 Januari 2012 sampai bersama 31 Desember 2016, bersama jabatan terakhir sebagai Manager Keuangan.

Selama menjadi karyawan kami, Saudari Jenita Cahya Ningrum, S.E sudah menyatakan dedikasi dan kesetiaan yang tinggi pada perusahaan dan tidak dulu laksanakan hal-hal yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang perihal mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan meminta semoga yang perihal mampu lebih sukses dimasa yang bakal datang.

Demikian surat keterangan ini dibikin sehingga mampu digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 09 Januari 2017

 

Dina Mentari, S.H

Direktur

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/