Maknai Kemerdekaan Sebagai Nilai Historis Tak Terlupakan

Maknai Kemerdekaan Sebagai Nilai Historis Tak Terlupakan

 

Maknai Kemerdekaan Sebagai Nilai Historis Tak Terlupakan

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 Kota Bogor digelar khidmat di Lapangan Pusdikzi, Jalan Jendral Sudirman, Kota Bogor, Jumat (17/08/2018) pagi.

Duplikat bendera pusaka dikibarkan pasukan paskibraka dengan gagah, lagu Indonesia pun dinyanyikan dengan merdu diiringi musik drum band. Semua peserta upacara yang berdiri di tengah lapangan ataupun podium mengikuti rangkaian upacara dengan tertib, meskipun cuaca cukup terik.

HUT Kemerdekaan RI Ke-73

HUT Kemerdekaan RI Ke-73 memang memiliki energi dan semangat tersendiri bagi rakyat Indonesia. Pasalnya, melalui upacara peringatan HUT RI yang digelar setiap tahun ini, menjadi momentum untuk lebih menghargai dan terus mengingat perjuangan para pahlawan.

Sekaligus tentunya untuk lebih banyak berbuat baik mengisi dan mempertahankan kemerdekaan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Komandan Upacara HUT RI Ke-73 Kompol Fajar Hari Kuncoro

Komandan Upacara HUT RI Ke-73 Kompol Fajar Hari Kuncoro mengatakan, makna kemerdekaan baginya merupakan sebuah nilai historis dan nasionalis yang membanggakan dan tidak mungkin dilupakan. Sebab, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya.

Selain itu, menurutnya jiwa nasionalis ini harus terus dipupuk dan ditanam sejak dini secara terus-menerus agar semangat bela negara tetap ada di setiap hati rakyat Indonesia. “Upacara peringatan seperti ini harus terus ada karena bisa menambah rasa nasionalis,” ujarnya.

Ia juga berpendapat

HUT Kemerdekaan RI Ke-73 tahun ini menjadi momentum yang luar biasa karena bertepatan juga dengan Pilkada Serentak yang saat ini memasuki Pilpres dan Pileg. Tak ayal, HUT RI yang sarat dengan nilai-nilai nasionalis ini diharapkan mampu membuat Pilpres dan Pileg berjalan aman, tertib dan lancar.

“Dengan semangat nasionalisme, perbedaan politik tidak langsung mengoyakan kebersamaan kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut

Fajar yang juga merupakan Kabag Ops Polresta Bogor Kota terpilih menjadi komandan upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-73. Baginya menjadi Komandan upacara di momen sakral dan dihadapan jajaran Muspida Kota Bogor merupakan hal yang membanggakan.

“Bangga dan Alhamdulillah lancar. Latihan dan persiapan untuk hari ini sudah dilakukan dari sebulan lalu karena juga melibatkan paskibraka, TNI dan Polri,” ujarnya.

 

Artikel terkait: