Konsep Organisasi Secara Singkat

Konsep Organisasi Secara Singkat

Konsep Organisasi Secara Singkat
Konsep Organisasi Secara Singkat

Secara definitif

organisasi adalah wadah dari kegiatan dan aktivitas sumber daya manusia dalam upaya mengapai tujuan. Menurut Siagian (1994), organisasi adalah setiap bentuk perserikatan antara 2 orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai tujuan dan terikat secara formal dalam suatu hierarki yang mana selalu terdapat hubungan antara seseorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seseorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

Berdasarkan jenis organisasi

bisa dibedakan menjadi 2 macam. Pertama, organisasi sebagai alat manajemen. Organisasi sebagai wadah atau tempat manajemen memberikan bentuk bagi manajemen sehingga organisasi bisa dikatakan sebagai alat dalam arti statis, tetap, dan tidak bergerak. Bentuk manajemen sangat dinamis karena tergantung dari wadahnya. Kedua, organisasi sebagai fungsi manajemen. Organisasi yang memberi kemungkinan tempat manajemen bisa bergerak dalam batas-batas tertentu. Organisasi dalam arti dinamis berarti organisasi itu bergerak mengadakan pembagian kerja.

Pengorganisasian

merupakan proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumber daya yang dimiliki, dan lingkungan yang melingkupinya. Dua aspek utama proses penyusunan struktur organisasi adalah depertementalisasi dan pembagian kerja.

Departementalisasi

merupakan pengelompokan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar bisa dikerjakan bersama. Hal ini akan tercermin pada stuktur formal suatu organisasi dan tampak atau ditunjukkan oleh suatu bagian organisasi. Pembagian kerja adalah perincian tugas suatu pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab dan melaksanakan sekelompok kegiatan. Kedua aspek tersebut merupakan dasar proses pengorganisasian suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efisien dan efektif.

Baca Artikel Lainnya: