Cara Menanam Buah Apel Dalam Pot

Cara Menanam Buah Apel Dalam Pot – Untuk menempatkan apel dari biji memang menjadi kendala tersendiri. Namun bukan berarti tidak bisa Anda kerjakan sendiri. Keuntungannya ialah pohon apel dapat kamu rawat sendiri sampai-sampai dapat dijamin bebas dari pestisida kimia. Menanam apel di pot pun mempunyai keuntungan sebab menghemat ruangan. Untuk Anda yang hendak menanam pohon apel sendiri.

Pilih Benih Berkualitas Unggul

Pilih embrio berkualitas unggul dan baik. Perlu diketahui pohon apel mesti ditanam berpasangan supaya berbuah sebab pohon apel tidak dapat mengerjakan penyerbukan sendiri. Diperlukan dua pohon yang bertolak belakang untuk mengerjakan penyerbukan. Benih berbobot | berbobot | berkualitas unggul bisa menghasilkan pohon apel yang prima. Biji apel dapat didapatkan dari buah, tetapi usahakan beli dari toko tumbuhan untuk meyakinkan kualitas benih.

Manipulasi Suhu

Apel sesuai tumbuh di suhu yang dingin. Misalnya di wilayah Malang. Bagi menumbuhkan kecambahnya dari biji, dibutuhkan suhu yang dingin. Anda bisa memanipulasi suhu dengan teknik memasukannya ke dalam kulkas. Pertama, yang butuh dilakukan ialah menaruh biji yang telah kering pada kain, lantas bungkus biji memakai tisu basah dan masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat.

Wadah bisa berupa kantong plastik atau toples. Letakkan embrio dalam lemari es bersuhu 4,4 hingga 10 derajat celcius sekitar 8 minggu. Biji akan menerbitkan tunasnya dan berkecambah pada masa tersebut. Setelah 8 minggu, biji siap dialihkan pada media tanah.

Tanah pH netral dan Posisi Pot

Untuk menempatkan biji apel di pot tanah yang terbaik ialah tanah dengan pH netral. Buat cekungan dalam tanah di pot selebar dua atau tiga kali luas biji yang telah berkecambah. Tidak dianjurkan menambahkan pupuk pada tanah. Pindahkan bibit secara hati-hati sebab akar kecambahnya masih paling lembut. Masukan embrio ke dalam lubang lantas tutup embrio dengan tanah secara lembut, pastikan menepuk tanah dengan lembut. Siram benih supaya tanah tetap lembab, namun tidak boleh berlebihan dalam menyiramnya. Letakan pot pada suhu kamar tetapi usahakan mendapat cahaya matahari yang cukup. kita dapat menempatkan pot di samping jendela guna asupan cahaya matahari yang cukup.

Rawat dengan telaten

Siram bibit secara teratur masing-masing hari. Setelah sejumlah minggu, bila embrio Anda pada pot telah menumbuhkan daun-daun kecil, tidak boleh langsung mengalihkan ke tanah terbuka sebab sifatnya yang masih rentan. Batang, akar, dan daun masih paling rentan mati. kita boleh menambahkan pupuk kompos atau mulsa guna mendorong perkembangan benih. Untuk mengalihkan ke lokasi yang lebih luas usahakan tunggu sampai tinggi bibit menjangkau 25 cm.

Pohon apel tidak suka tanah yang terlampau basah. Pastikan Anda mengawal kelembaban tanah supaya tidak terlampau kering atau terlampau basah. Tanah yang lembab dan ber-pH netral akan dapat menyerap air dengan baik. Pohon apel membutuhkan sinar matahari langsung tidak cukup lebih sekitar enam jam. Bagi itu dianjurkan menanam pohon apel menghadap ke unsur timur atau unsur utara pada tanah yang landai.

Sumber : www.faunadanflora.com/