Sistem Pendidikan Di Negara Maju

Ada banyak aspek yang menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa dan salah satu aspeknya adalah soal pendidikan karena memang pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengingat hal tersebut tentu kita juga ingin tahu fakta pendidikan yang telah berhasil diselenggarakan di Indonesia. Lalu bagaimana dengan pendidikan yang ada di Indonesia jika pendidikan adalah tolak ukur kemajuan sebuah negara?

Sistem Pendidikan Di Negara Maju
Sistem Pendidikan Di Negara Maju

Menurut laporan pendidikan dunia, pendidikan yang terselenggara di Indonesia merupakan salah satu yang terburuk di dunia kalau dibandingkan dengan 50 negara lainnya. Ini tentu membuat kita sebagai warga negara Indonesia merasa miris. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu sebagai warga masyarakat kita sangat berharap Indonesia dapat segera mengubah diri dan kemudian menerapkan sistem pendidikan yang sesuai. Bahkan kalau perlu kita bisa mengambil contoh intisari pendidikan yang diselenggarakan di negara maju. Seperti apa sistem pendidikan di negara maju harusnya menjadi dasar pembelajaran bagi Indonesia. Untuk itu mari simak informasi di bawah ini J

Sistem Pendidikan Di Negara Maju

Pendidikan sekolah dasar

Di negeri Inggris, seperti yang telah kita tahu bahwa anak yang usianya sekitar 5 tahun sudah diharuskan memasuki sekolah dasar sekitar 7 tahun lamanya. Pada tingkat kelas satu sampai dengan kelas enam lembaga pendidikan Inggris tidak melakukan ujian sehingga mereka dapat terus naik kelas sampai kelas tujuh. Dan di kelas tujuh ini baru kemudian ujiang dilakukan dengan tersistem dan terstruktur.

Pendidikan GCSE

Pendidikan yang semacam ini juga disebut sebagai sekolah menengah atas, akan tetapi dimulai dari usia 11 tahun dan para siswa nantinya akan menghabiskan waktu kurang lebih selama 5 tahun untuk menyelesaikan pendidikan di tahap ini. Dan ketika menempuh pendidikan, para siswa wajib belajar inti secara lebih mendalam dan belajar minimal 1 pelajaran bahasa asing. Kemudian di tahun ke empat baru para pelajar dihadapkan pada ujian yang dikenal GCSE dan ujian dilakukan terkait pada subjek yang telah dipilih siswa.

A-Levels pada GCSE

Setelah nantinya siswa berhasil dalam menempuh ujian GCSE maka siswa yang telah dinyatakan lulus ujian dapat memilih bekerja atau melakukan studi lebih lanjut. Jika yang dipilih adalah studi lanjutan maka nantinya siswa harus belajar kembali kurang lebih selama 2 tahun agar dapat mempersiapkan diri untuk menempuh ujian A-level sebelum bisa naik ke perguruan tinggi lanjutan.

Program sarjana

Program sarjana sendiri ditempuh 3 tahun dengan ujian yang dilakukan agar bisa melanjutkan dan memastikan diri ke program pasca sarjana yang juga diselenggarakan.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Sistem Pendidikan Di Negara Maju. Semoga informasi diatas menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menginspirasi kita. sumber : dosenpendidikan.com