Sebuah Bintang Tengah Ditendang Terlihat Berasal Dari Galaksi

Sebuah Bintang Tengah Ditendang Terlihat Berasal Dari Galaksi

Nun jauh di sana, sebuah bintang tengah ditendang terlihat berasal dari galaksi kita. Tendangan memicu bintang bernama US 708 berikut bergerak meraih kecepatan 4,2 juta km/jam, membuatnya dinobatkan sebagai bintang terpecat di galaksi Bimasakti.

Sebuah Bintang Tengah Ditendang Terlihat Berasal Dari Galaksi

“Dengan kecepatan itu Anda dapat menempuh jarak Bumi ke Bulan cuma didalam 5 menit,” kata Eugene Magnier, astrofisikawan berasal dari University of Hawaii, seperti dikutip Reuters pada Kamis (5/3/2015).

Adalah ulah sebuah bintang katai putih yang memicu US 708 seolah ditendang. Semula, US 708 dan katai putih berkenalan dan berjarak begitu dekat. Hingga pada akhirnya si katai putih menghisap helium. Helium memicu reaksi didalam bintang katai putih.

Terus mengonsumsinya, si katai putih pada akhirnya mengalami ledakan, jadi supernova style 1-a. Ledakan itulah yang lantas menendang US 708 terlihat berasal dari Bimasakti. Saat ini, US 708 tengah didalam perjalanan terlihat berasal dari Bimasakti.

Astrofisikawan memerkirakan, bintang yang dikategorikan sebagai sub-katai panas itu akan benar-benar meninggalkan Bimasakti 25 juta tahun berasal dari kala ini. Fenomena ditendangnya US 708 terlihat Tata Surya ini, seperti dilaporkan didalam makalah di jurnal Science, Kamis, langka.

Stephan Geier berasal dari European Southern Observatory (ESO) mengatakan, US 708 baru salah satu bintang ditendang oleh ledakan supernova. Diuraikan Discovery, biasanya bintang ditendang terlihat berasal dari Tata Surya bersama dengan kecepatan tinggi (disebut hypervelocity star) oleh lubang hitam supermasif.

“US 708 tidak datang berasal dari pusat galaksi kala kita tidak jelas tersedia lubang hitam di tempat lain,’ kata Gaier. Peristiwa yang menimpa US 708 akan jadi anjuran bagi para astronom untuk jelas proses terjadinya supernova style 1-a. Selama ini, terjadinya supernova tetap merupakan misteri.

Baca Juga: