Perbedaan Pantun dan Syair

Perbedaan Pantun dan Syair

Kita ketahui ke dua sastra ini merupakan wujud puisi lama, tetapi keduanya berbeda. Sebelum menyadari perbedaan keduanya adakalanya kita menyadari pengertiannya lebih-lebih dahulu, liat ulasan berikut.

Perbedaan Pantun dan Syair

Apa Arti Pantun?

Pantun adalah keliru satu sastra puisi lama yang bersifat ungkapan perasaan seseorang yang mempunyai kandungan ibarat atau perumpamaan, pantun terdiri atas empat larik/baris di mana dua baris awalannya merupakan sampiran dan dua baris akhirnya merupakan isi.

Sampiran adalah kata pengantar/pelengkap dari pantun, https://www.ilmubahasainggris.com/ sampiran umumnya tidak ada hubungan bersama dengan isi atau dua baris terakhir pantun. Pantun bersajak akhir bersama dengan pola a-b-a-b atau bisa termasuk a-a-a-a. Pada awalannya pantun hanya merupakan sastra lisan (Diucapkan) tapi saat ini bisa ditemukan pada sastra tertulis.

Contoh Pantun :

Mentari pagi tersenyum cerah
Kicauan burung pun terdengar merdu
Janganlah kamu mudah menyerah
Aku senantiasa bersama dengan dirimu

Apa Arti Syair?

Syair adalah keliru satu sastra puisi lama. Kata syair berasal dari bahasa Arab Syu’ur yang bermakna “Perasaan”, lantas Syu’ur berkembang menjadi Syi’ru yang bermakna puisi. Syair merupakan puisi lama yang terdiri atas empat baris di mana keseluruhan baris adalah isi/maksud.

Hampir serupa bersama dengan pantun tapi syair hanya bersajak akhir bersama dengan pola a-a-a-a.

Contoh Syair :

Dipanggil kami orang sekalian
Oleh ibu bapakmu tuan
Serta diberi minum dan makan
Menyertakan syukur kepada tuhan

Apa Perbedaan Pantun dan Syair?

Perbedaan Pantun dan Syair